TOBA-Raja Belanda William Alexander bersama dengan Ratu Belanda Maxima tiba di IT DEL sekitar pukul 11.45 Wib aetelah sebelumnya mengunjungi kawasan wisata Bukit Singgolom dan Kampug (Huta) Siambat Dalan Kecamatan Tampahan.

Setiba di IT DEL Raja dan Ratu yang didampingi Menko Maritim dan Investasi Luhut B Panjaitan bersama iatri serta didampingi beberapa pejabat tinggi Negara dari Istana Negara dan Kedutaan Belanda Jakarta disambut oleh Dosen IT DEL dengan memberikan penjelasan kepada Raja dan Ratu akan keberadaan Dunia pendidikan di IT DEL sebagai salah satu sekolah Tinggi di Indonesia yang berbasis Teknologi Informatika.

Selanjutnya Raja dan Ratu bergerak menuju ruang seminar IT Del bertajuk "Sustainable Tourism And Water Quality In Lake Toba" dimana IT Del memiliki kolaborasi dalam penelitian dan pengajaran dengan universitas Belanda seperti University of Amsterdam (UvA), University of Groningen, dan Breda University of Applied Sciences (BUAS). M.L. (Mark) Van der Veen, kepala bagian pemasaran di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UvA, saat ini di IT Del untuk Memberikan beasiswa master kepada salah satu Dosen.

IT Del terkenal dalam pengembangan aplikasi terutama di bidang e-government, pengenalan pola, pengembangan basis data yang besar, dan ekowisata. Lembaga ini juga memperkenalkan pembelajaran pada siswa/i yang berpusat pada pemikiran komputasi, dan robotika.pembelajaran bidang inilah yang diberikan kepada siswa/i sekolah menengah di wilayah Kabupaten Toba.

Sebagai lembaga pendidikan dan penelitian di Wilayah Danau Toba, IT Del terus berusaha untuk sebanyak mungkin partisipasi untuk pengelolaan dan pengembangan Danau Toba melalui program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk diantaranya Penelitian untuk Memantau Kualitas Air Danau Toba dengan menggunakan Internet of Things (IoT), Penelitian tentang pengelolaan limbah industri dan rumah tangga seperti Tahu, Tapioka. dll.

Juga kolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah, serta perusahaan lain dalam meningkatkan lingkungan Danau Toba dengan membersihkan Danau Toba, Menanam Pohon di daerah tangkapan air, dll, Penelitian tentang produksi pakan ikan yang lebih ramah lingkungan, Studi tentang isu-isu strategis untuk pengembangan Danau Toba dan pembentukan Pariwisata Berbasis Masyarakat yang diprakarsai oleh IT Del, Pelatihan masyarakat di bidang perhotelan, layanan terbaik, kebersihan lingkungan, dll dan Penelitian dan pengembangan Tanaman Herbal berdasarkan kecerdasan buatan (AI) untuk keanekaragaman hayati di Danau Toba adalah.(terjemahan Relis B Inggris IT Del Kamis, (12/3/2020).

Usai dari ruangan Seminar Raja dan Ratu yang tetap didampingi oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut B Panjaitan bersama istri berjalan mengitari taman halaman sekolah IT DELL.

Setiba diujung lapangan taman Raja dan Ratu di sambut paduan suara siswa siswi IT Del dengan lagu berjudul "Cikalalepongpong".Raja tertegun dan kagum mendengar kekompakan den merdunya suara para siswa siswi saat melantunkan lagu "Cickalalepongpong". Usai bernyanyi seluruh peserta paduan suara spontan diajak oleh Raja dan Ratu Belanda untuk berfoto bersama.

Selanjutnya Raja dan Ratu berjalan menuju laboratorium riset dan tehnologi IT Del sembarimdipandu oleh seorang mahasiswi IT DEL sekaligus memberikan penjelasan tentang berbagai fasilitas dan keberadaan sekolah dalam membina para mahasiswa dan Mahasiswi IT Del dalam dunia pendidikan berbasis tehnologi dan Informatika.

Usai meninjau Laboratorium riset dan tehnologi IT Del, Raja dan Ratu di jamu makan siang aembari beristirahat selama 30 menit sebelum Raja dan Ratu beserta rombongannya bertolak menuju pelabuhan Balige guna untuk melanjutkan perjalanan ke desa Silima Lombu Kecamatan Onanrunggu Kabupaten Samosir yang selanjutnya usai dari silima lombu akan berangkat menuju Hotel Inna Parapat sebagai tempat kunjungan terakhir Raja dan Ratu.

Usai dari Hotel Inna Parapat setelah menggelar konprensi Pers akan melanjutkan perjalanan ke bandara kuala namu untuk bertolak kembali ke negerinya Kerajaan Belanda pemilim Bunga Tulip dan bendungan air Roter Dam serta Kincir Angin nya yang sudah mendunia.