TOBA-Del Institute of Technology (DEL) terletak di tepi Danau Toba. Pemandangan indah yang kita miliki di sini menjadi salah satu kesempatan, sementara pada saat yang sama, menjadi tantangan bagi IT Del untuk melestarikan, mengelola dan mengembangkan Danau toba.

IT Del didirikan pada tahun 2001dengan pendirinya Jenderal TNI AD (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan yang memiliki visi untuk memberdayakan generasi muda melalui pendidikan yang berkualitas dengan Visi Del adalah untuk menjadi pusat keunggulan terkemuka dalam pengembangan teknologi dan aplikasi untuk kemajuan masyarakat.

Del adalah universitas asrama dengan Jumlah siswa/inya adalah sekitar 1.550 orang dengan 52% siswa perempuan. Anggota fakultas adalah 74, yang sebagian besar lulus dari universitas luar negeri.

Program studi Universitas DEL meliputi Informatika, Informasi Sistem, Teknik Listrik, Teknologi Komputer,Rrekayasa Perangkat Lunak, Teknik Bioproses, dan Manajemen Teknik.

Alumni DEL yang sudah lebih dari 1.600 lulusan yang tersebar di seantero Nusantara Indonesia sudah banyak yang bekerja di berbagai perusahaan multi-nasional, perusahaan baru, dan lembaga pemerintah. salah satu alumni, Dr. Frederik Situmeang menjabat sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Amsterdam (UvA).

IT Del memiliki kolaborasi dalam penelitian dan pengajaran dengan universitas Belanda seperti University of Amsterdam (UvA), University of Groningen, dan Breda University of Applied Sciences (BUAS). M.L. (Mark) Van der Veen, kepala bagian pemasaran di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UvA, saat ini di IT Del untuk Memberikan beasiswa master kepada salah satu Dosen.

IT Del terkenal dalam pengembangan aplikasi terutama di bidang e-government, pengenalan pola, pengembangan basis data yang besar, dan ekowisata. Lembaga ini juga memperkenalkan pembelajaran pada siswa/i yang berpusat pada pemikiran komputasi, dan robotika.pembelajaran bidang inilah yang diberikan kepada siswa/i sekolah menengah di wilayah Kabupaten Toba.

Sebagai lembaga pendidikan dan penelitian di Wilayah Danau Toba, IT Del terus berusaha untuk sebanyak mungkin partisipasi untuk pengelolaan dan pengembangan Danau Toba melalui program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk diantaranya Penelitian untuk Memantau Kualitas Air Danau Toba dengan menggunakan Internet of Things (IoT), Penelitian tentang pengelolaan limbah industri dan rumah tangga seperti Tahu, Tapioka. dll.

Juga kolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah, serta perusahaan lain dalam meningkatkan lingkungan Danau Toba dengan membersihkan Danau Toba, Menanam Pohon di daerah tangkapan air, dll, Penelitian tentang produksi pakan ikan yang lebih ramah lingkungan, Studi tentang isu-isu strategis untuk pengembangan Danau Toba dan pembentukan Pariwisata Berbasis Masyarakat yang diprakarsai oleh IT Del, Pelatihan masyarakat di bidang perhotelan, layanan terbaik, kebersihan lingkungan, dll dan Penelitian dan pengembangan Tanaman Herbal berdasarkan kecerdasan buatan (AI) untuk keanekaragaman hayati di Danau Toba adalah.(terjemahan Relis B Inggris IT Del Kamis, (12/03/2020).