KARO-Pemda Karo melalui Dinas Kesehatan Kabupaten karo mengimbau kepada masyarakat luas khususnya masyarakat Tanah karo untuk meningkatkan kewaspadaan, terkait mewabahnya virus Corona (Covid-19). Saat ini 2 terduga warga WNI positif terjangkit virus Corona (Covid-19) Kedua WNI itu merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan anak perempuannya yang berumur 31 tahun. Keduanya merupakan warga Depok, Jawa Barat. Dua WNI yang positif virus corona (Covid-19) tersebut saat ini dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Pihak Pemda Karo melalui Dinas kesehatan Kab. Karo tetap melakukan antisipasi dengan gencar memberikan sosialiasi tentang virus Corona (Covid-19) kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat juga memahami tentang virus tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo drg. Irna Safrina S. Meliala,M.Kes saat dikonfirmasi Selasa (3/3/2020) mengatakan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi terkait virus Corona di Kabupaten Karo khususnya. Adapun kesiapan Kab. Karo dalam menghadapi wabah virus corona (covid-19) dengan membuat surat edaran Bupati Karo perihal kewaspadaan terhadap virus corona.

Menyurati kembali Puskesmas dan sarana kesehatan lainnya tentang kewaspadaan dan surveilans ketat serta mewaspadai peningkatan kasus ISPA, ILI dan Pneumonia diseluruh Puskesmas dan sarana Kesehatan Se Kab. Karo.

"Melakukan rapat koordinasi dalam rangka kesiapsiagaan covid-19 dengan tujuan sebagai sosialisasi dan meredakan kepanikan masyarakat," ujar Irna.

drg. Irna Safrina S. Meliala,M.Kes juga mengimbau agar melakukan pola hidup bersih, jangan lupa selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Pastikan tangan kita selalu dalam keadaan bersih, Juga selalu menutup mulut dan hidung bila batuk. Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang mengalami gejala flu. Segera ke sarana kesehatan jika ada gejala pneumonia dan riwayat kunjungan ke daerah terinfeksi dalam 2 minggu terakhir. Ungkapnya.*