TOBASA-Guna untuk mepakukan produksi dan daur ulang limbah/sampah plastik dengan mendirikan gedung pengolahan sampah plastik di Jalan Somba Debata No.7 Kelurahan Balige II Kecamatan Balige, Toba Samosir bersebelahan dengan kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Toba Samosir dan Tugu Sibagotni Pohan.

Untuk mensukseskan program pengolahan limbah sampah plastik, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin kerja sama dengan Institute For Global Enviromental Strategis (IGES) Jepang yang mengucurkan Dana Hibah dari mereka untuk pengolahan daur ulang limbah/sampah plastik.

Sabtu, (29/2/2020) Wakil Menteri LHK Alue Dohong bersama dengan Bupati Toba Darwin Siagian, Director Of IGES Kazunobu Onogawa , Dirjen Pengelola Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya Rosa Vivien Ratnawati, dosen ITB Prof DR. Enry Damnahuri dan Kepala Dinas LHK Provinsi Sumatera Utara Binsar Situmorang resmikan Bank Sampah Kabupaten Toba Samosir.

Untuk pengesahan dan peresmian Bank Sampah Kab.Tobasa Wamen Alue Dohong melakukan pengguntingan pita selanjutnya rombongan menteri dan undangan mengelilingi kawasan daur ulang sampah sembari meninjau proses pengolahaan sampah dari limbah sampah plastik hingga menjadi bahan bakar solar.

Wamen LHK dalam sambutannya menyampaikan u.dulungan dan capan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Toba Samosir atas penyediaan lahan untuk kawasan dan pembangunan lokasi pengolahan limbah sampah plastik.

Wamen LHK juga menghimbau dan berharap supaya direktur IGEA tetap komit untuk melanjutkan kerja sama yang sudah dijalin saat ini serta diharapkan teknologi ini akan berkembang serta dapat diterapkan di kota kota lainnya diluar Toba Samosir.

Bupati Tobasa Ir.Darwin Siagian dalam harapannya menyampaikan, " Dengan adanya bank sampah ini diharapkan dapat mengurangi pencemaran lingkungan dari berbagai sampah dan limbah plastik.

Dengan program Bank Sampah ini alam perairan Danau Toba bisa terbebas dari sampah plastik, sebagaimana saat ini Pemwtintah Pusat bersama dengan Pemwrintah Daerah Kabupaten dan Propinsi sedang menggalakkan pembangunan Destinasi Pariwisata Danau Toba yang merupakan salah satu bahagian dari program Pembangunan Nasional menuju destinasi pariwisata dunia.

"Dengan program ini, kita harapkan seluruh lapisan masyarakat semakin sadar akan bahaya sampah plastik.untuk marilah kita semua menyadari betul dan dengan suka rela untuk mengumpulkan sampah tersebut serta mau mengantarkan sampahnya ke Bank Sampah untuk didaur ulang kembali," pesan Bupati sebagaimana sebelumnya telah diamanhkan oleh Wamen KLHK Alue Dohong.

Direktur IGES (Institute for Global Environmental Strategies) Onogawa merasa bangga dan senang atas dibangunya bank sampah ini oleh Pemerintah Kabupaten bersama dengan Kemeterian KLHK.

Onogawa dalam sambutannya menyampaikan bahwa dia sangat merindukan dan mencintai suasana alam yang benar benar alami serta terbebas dari berbagai sampah khususnya limbah dan sampah plastik. "Dalam harapannya Onogawa berujar kiranya teknologi daur ulang sampah ini kedepannya akan semakin lebih baik penggunaanya untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar," harapnya dalam pesannya.