MEDAN-Puluhan anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang merupakan pengunjung Plaza Medan Fair berkesempatan untuk mengenal dan mencoba secara langsung edutech literasi keuangan Anak Cerdas dalam kegiatan Funancial Day digelar Bank HSBC Indonesia bersama Prestasi Junior Indonesia, Minggu (23/2/2020).

Program Manager For West Region Prestasi Junior Indonesia, Utami Anita Herawati mengatakan kegiatan hari ini adalah literasi keuangan tingkat dasar khusus untuk anak kelas 3, 4, dan 5 SD. Sebab berdasarkan riset, sambung Utami pemahaman literasi keuangan harus diberikan sedini mungkin.

"Inovasi pendidikan yang dirancang ini dapat diakses secara daring melalui komputer atau laptop. Dari edukasi Anak Cerdas ini akan diberi pemahaman dari mana uang didapat bagaimana mengelolanya. Apakah uangnya sudah benar atau tidak. Sesuai kebutuhan atau tidak. Kelebihannya inovasi ini bisa melibatkan orang tua. Jadi, orang tua terlibat dan mendampingi anaknya dalam edukasi ini," sebut Utami pada wartawan.

Tak hanya itu saja, Utami menuturkan ada pembelajaran karakter yang diberikan pada anak-anak. Sehingga anak-anak nantinya bisa menghargai uang. "Kita harapkan baik di rumah bersama keluarga atau dimana pun bisa mengedukasi anak-anak melalui teknologi digital. Bahkan di sekolah juga bisa dilakukan sebab edutech ini gratis. Sehingga kita sebagai orang tua ataupun guru bisa menanamkan nilai-nilai financial kepada anak dan sangat mudah dipahami oleh anak-anak," terangnya.

Meski hanya bisa diakses melalui laptop, Utami menuturkan langkah ini lebih baik sehingga anak-anak yang main gadget lebih terkontrol. Sebab dengan menggunakan laptop atau komputer akan bisa didampingi orang tua. "Bila menggunakan smartphone terlalu kecil. Sering luput dari pantauan orang tua. Jadi disinilah peranan orang tua mendampingi anak-anak," sebutnya.

Head of Corporate Sustainability Bank HSBC Indonesia, Nuni Sutyoko menuturkan dengan akses tanpa batas pihaknya ingin memberikan manfaat edutech Anak Cerdas sehingga dapat dijangkau lebih banyak anak-anak Indonesia.

"Hal ini merupakan wujud komitmen dan kontribusi aktif Bank HSBC Indonesia untuk turut meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan. Salah satunya melalui literasi keuangan ini. Sehingga anak-anak dapat menjadi generasi cerdas finansial yang mampu membuat keputusan keuangan dengan tepat saat dewasa nanti," pungkasnya.*