LANGKAT-Hut kedua, grup senam aerobic Lansia desa Lau Damak berlangsung cukup meriah. Sederhana namun bermakna akrab bernuansa kekeluargaan, Senin, (17/2/2020) dipusatkan didusun Ujung Gorap kecamatan Bahorok.

Kepala dusun Ujung Gorap, Sunardi saat penyambutan peserta mengatakan salut dengan kegiatan Lansia.Pasalnya kegiatan itu tidak mengusik aktifitas rutin di rumah.

"Jika Lansia sehat dan bugar tentunya berdampak positif terhadap pembinaan keluarga. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat juga," urainya semangat.

Sementara kepala desa ( kades) Lau Damak, Ngemat Ginting pada sambutannya mengaku bangga dengan kegiatan Lansia.

"Hormati dan hargai aktifitas kegiatan serta karya orang tua. Yang telah berumur Lansia tentunya sudah melewati batas usia muda. Namun yang muda belum tentu sampai ke ambang batas Lansia sehingga perlu perhatian khusus terhadap orang tua," pesan kades.

Pemerintah desa menilai kegiatan dimaksud bermakna positif. Lansia juga diharapkan turut berpartisipasi dalam membangun desa dan generasi muda.

Terutama memberi masukan pembangunan berdasarkan pengalaman hidup. "Yang terpenting mendidik generasi diawali dari keluarga untuk menghindari, menjauhi dan memberantas narkoba," tegas Ngemat.

Bertujuan melahirkan generasi anak bangsa bebas /tanpa narkoba sehingga tercipta generasi yang layak diandalkan untuk membangun.

Khusus Lansia di desa Lau Damak agar semangat transparan dan jika butuh anggaran silahkan ke kantor desa saat jam kerja ujarnya spontan diaplus peserta yang hadir.

Ditempat yang sama guru senam /Lansia yang juga panitia, Misri (41 thn) ditemui mengaku ada 30 kelompok senam lansia yang hadir.

"Selain dari desa Lau Damak , hadir juga desa tetangga seperti Turangi, Simpang Pulau Rambung, Ujung Bandar, Sematar dan Namotongan kecamatan Kutambaru," ujarnya.

Disinggung tentang mendidik lansia senam dikatakannya sedikit kesulitan awalnya. Kurang menerima senam dan sebagian lansia mudah tersinggung.

Namun tidak membuat semangat kendor karena. tujuan utama menyehatkan lansia. Umur 50-an keatas bang, setelah dirasakan manfaatnya tidak sedikit lansia yang minta bergabung.

Lansia juga mengaku lebih sehat dan bugar setelah ikut kelompok senam aerobic ujar Misri. "Setiap latihan senam kita juga sepakati dengan kegiatan tambahan yakni arisan," imbuhnya.

Acara Hut 2 Lansia dibarengi dengan kegiatan hembus /tiup lilin dan penampilan senam dari berbagai kelompok lansia dan anak -anak.