SAMOSIR-Atas keberhasilan meraih kembali penghargaan evaluasi laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun Anggaran (TA) 2019 pada acara SAKIP AWARD 2019, Pemerintah Kabupaten Samosir menerima hadiah tambahan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 8,9 miliar TA 2021.

Penghargaan SAKIP dengan predikat BB, yang diterima Pemerintah Kabupaten Samosir diberikan langsung oleh Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, bertempat di Convention Center Hotel Radisson Batam, Senin (10/02/2020). Atas penghargaan itu, Bupati Samosir Rapidin Simbolon ucapkan puji syukur kepada Tuhan.

"Puji syukur kepada Tuhan, atas kasihnya Pemerintah Kabupaten Samosir kembali menerima penghargaan evaluasi Laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019 pada acara SAKIP AWARD 2019 yang diserahkan Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo," tulis Rapidin Simbolon melalui pesan whatsaap, diterima www.gosumut.com, Senin (10/2/2020) sore.

Rasa syukur yang disampaikan Rapidin atas predikat BB tahun ini, dimana pada tahun sebelumnya Pemerintah Kabupaten Samosir meraih nilai B. "Mudah-mudahan penghargaan yang kami terima akan memacu kinerja seluruh ASN di Pemkab Samosir untuk bisa terus meningkatkan prestasi dan kinerjanya," ucap Rapidin Simbolon.

Lebih lanjut, Rapidin mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang terus bergandengan tangan untuk membangun Kabupaten Samosir, secara khusus kepada Sekretaris Daerah, Asissten, SAB, pimpinan SKPD beserta seluruh staf, dan para pemangku kepentingan yang telah turut serta mendukung Pemda hingga mampu meraih predikat BB.

"Dengan predikat SAKIP BB, maka Pemerintah Kabupaten Samosir akan memperoleh hadiah berupa tambahan Dana Insentif Daerah (DID) untuk Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp. 8,9 miliar," ujar Bupati.

Pada penerimaan penghargaan ini, Bupati Samosir didampingi Sekdakab Samosir Jabiat Sagala, Kepala Bappeda Rudi Siahaan dan Kabag Ortala Arnold Sitorus. "Terima kasih untuk doa dan dukungan dan kepercayaan Bpk/Ibu untuk jajaran Pemerintah Kab. Samosir. Horas!," tutup Rapidin Simbolon.

Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo dalam kesempatan itu, selain memberikan Rapor Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), juga memberikan apresiasi terhadap Pemda yang berhasil menerapkan SAKIP dengan baik.

Menurut Tjahjo, apresiasi yang diberikan karena Pemerintah Kabupaten Samosir dinilai berhasil menerapkan SAKIP dengan baik dan mewujudkan tingkat efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran demi mencapai sasaran yang telah ditetapkan bagi kesejahteraan masyarakat.