MEDAN - Bakal Calon Wali Kota atau Wakil Wali Kota Medan pada Pilkada 2020, Dr. Drs. H. Mhd Syafii, SH, MH, MSi menerima mandat dari pusat sebagai ketua umum Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) Sumatera Utara (Sumut) dan telah membentuk kepengurusan.

Kepengurusan AYPI Sumut tersebut direncanakan akan dilantik di Hotel Grand Aston Medan pada 15 Februari 2020 oleh Ketua Umum Asosiasi YPI Pusat H. Mirdas Eka Yora, Lc, MSi.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Ka Kanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kementerian Agama (Kemenag) Sumut H. Iwan Zulhami, SH, MAP direncanakan hadir pada pelantikan tersebut.

‘’AYPI merupakan wadah perkumpulan sekolah-sekolah Islam maupun pesantren. Saya mendapat mandat dari pusat memimpin AYPI Sumut dan segera membentuk kepengurusan untuk selanjutnya dilantik,’’ ucap Dr. Drs. H. Mhd Syafii, SH, MH, MSi saat audiensi ke kantor Kanwil Kemenag Sumut Jalan Jend Gatot Subroto Medan, Kamis (6/2/2020).

Saat audiensi tersebut Mhd Syafii didampingi sejumlah pengurus dan panitia diantaranya Azharuddin, SP, MM, Maramuda, SPd, Achmad Zulfikar, SPdI, MPd dan Ustadz Ibrahim, SHI, MHI langsung diterima Ka Kanwil Kemenag Sumut H. Iwan Zulhami, SH, MM.

Syafii menyampaikan, AYPI ini sebenarnya baru dibentuk 4 April 2019 dan sudah berdiri disejumlah daerah di Indonesia dan di Sumut sendiri baru terbentuk tahun ini.

‘’Asosiasi ini diharapkan dapat menghimpun tenaga dan potensi yang begitu luas di bawah naungan yayasan-yayasan pendidikan Islam diseluruh kabupaten kota di Sumatera Utara. Banyak yang bisa dilakukan dengan berkolaborasi dan sinergi antar yayasan itu sendiri,’’ ucap Syafii.

Ka Kanwil Kemenag Sumut Iwan Zulhami menyambut baik kehadiran AYPI di Sumut. ‘’Saya yakin AYPI Sumut yang dinakhodai Mhd Syafii yang dikenal sebagai mantan birokrat dan pemilik sekolah dan pesantren Yayasan Pendidikan Islam Asy-Syafi’iyah Internasional mampu membesarkan organisasi tersebut,’’ ucap Zulhami.