TARUTUNG-Petani adalah pejuang kehidupan karena tanpa petani masyarakat Indonesia tidak bisa menikmati makanan dan buah-buahan.

Hal itu dikatakan Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Ketua DPRD Taput Ir. Poltak Pakpahan, Asisten II Osmar Silalahi dan beberapa Pimpinan OPD dalam temu tani dengan Kelompok Tani dari beberapa kabupaten yang digelar PT. Cap Panah Merah di lahan pertanian tomat Desa Silait lait, Kecamatan Siborongborong, Kamis (6/02/20).

Hadir dalam acara itu, disamping kelompok tani dari Kabupaten Tapanuli Utara juga kelompok tani dari Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Karo.

Selanjutnya, Nikson menyebutkan, Saya selalu menyambut positif kegiatan yang sifatnya pembangunan di sektor pertanian.sehingga dapat mengetahui masalah masalah apa yang dihadapi dan selanjutnya mencari apa solusinya. Disini, para Penyuluh harus berperan aktif berkoordinasi dengan pihak perusahaan Cap Panah Merah, apa apa yang bisa menjadi masukan bagi sektor pertanian kita," ujar Bupati.

Kemudian, bupati menyampaikan bahwa untuk menjaga agar petani tidak merugi, Pemkab Taput sudah menghadirkan pasar lelang dan jaminan harga sejak tahun 2016. "Penyuluh harus tetap buat terobosan terobosan di sektor pertanian, terus berinovasi dan lihat produk pertanian yang memiliki permintaan tinggi, seperti Cabai merah dan juga tomat. Tetap berinovasi, cari solusi masalah dan penyuluh harus turun terus langsung ke lahan lahan pertanian masyarakat, ujarnya.

Disebutkan, pihaknya sudah buat Akte Notaris bagi Kelompok Tani sebanyak 600, agar Petani bisa mendapat bantuan bantuan di bidang pertanian baik dari Kementerian Pertanian maupun dari Pemerintah Propinsi. Tetap semangat, tetap berjuang dan tetaplah jadi pejuang pejuang kehidupan, pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, salah seorang Penyuluh Pertanian Taput Opat Parulian Purba menyampaikan berbagai terobosan Pemkab Taput melalui penyuluh di bidang pertanian. Kita sangat bangga kepada Bupati Taput perhatiannya kepada Petani, luar biasa. Beliau selalu turun dan melihat langsung ke lahan lahan pertanian. Mari kita sampaikan Terimakasih kepada beliau ujarnya. Acara itu juga diisi dengan diskusi dengan para kelompok tani. Selain itu, Bupati Taput lakukan panen perdana Cabai Merah Lentur dan Tomat ditandai dengan pengguntingan pita dan memetik cabai Merah dan tomat.