Home >  Berita >  Samosir

Masih Balon Bupati, Marhuale Simbolon Sudah Terapkan Visi Angkat Derajat Petani

Masih Balon Bupati, Marhuale Simbolon Sudah Terapkan Visi Angkat Derajat Petani
Selasa, 28 Januari 2020 13:13 WIB
Penulis: Helbos Sitanggang
SAMOSIR-Tidak tanggung-tanggung, masih bakal calon (Balon) Bupati Samosir yang beberapa waktu lalu telah mendaftarkan diri ke Partai Demokrat, putra asli Samosir, Laksamana (Purn) TNI Marhuale Simbolon, S.Pi sudah terapkan visi misinya untuk mengangkat derajat petani di Samosir bila kelak terpilih jadi Bupati Samosir periode 2020-2024 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) September mendatang.

Apresiasi demi apresiasi sudah mengalir dari masyarakat Samosir atas berbagai bantuan yang diberikan. Pembangunan bak air bersih kapasitas 60 M3 untuk kebutuhan air minum dan pertanian warga Sosor Pandiangan, Dusun III, Desa Salaon Toba, Kecamatan Ronggurnihuta. Membenahi beberapa embung yang sudah tidak berfungsi di Desa Parmonangan. Berikan beasiswa kepada anak berprestasi di Desa Parmonangan. Membagikan ratusan unit handtraktor (Jetor), pemipil jagung dan lainnya.

Apresiasi tinggi juga mengalir dari kelompok tani usaha bersama Simbolon Pande Sahata (SPS), Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Ronggurnihuta, Kabupaten Samosir yang sudah mengolah sekitar kurang lebih 5 hektar kebun lemon bantuan Marhuale Simbolon sejak tahun lalu hingga kini.

"Kita patut menyampaikan terima kasih kepada Bapak Marhuale Simbolon, karena beliau selalu memberikan dukungan penuh kepada para petani, secara khusus kami kelompok SPS," ucap salah satu anggota kelompok tani usaha bersama SPS, Desa Lintong Nihuta, Sudirman Simbolon (36), disambangi gosumut.com, Selasa (28/1/2020) dilokasi kebun lemon di Sitongi-tonggi, yang kini sudah panen.
Ads

Ia menuturkan, kelompok mereka yang sudah dibentuk setahun lalu, dan berbagai bantuan yang sudah diberikan Marhuale Simbolon sudah sangat banyak. Mulai dari pembukaan jalan yang memakan waktu 2 bulan, panjang kurang lebih 4 kilometer menuju kebun lemon, pemberian kompos, bibit, obat-obatan, dana perawatan atau pemeliharaan, hantranktor 1 unit, pompa air 1 unit lengkap dengan selang, serta semprot 2 unit.

"Yang pasti bantuan Bapak Marhuale Simbolon jauh sebelum beliau ada niat maju sebagai calon bupati Samosir, sudah banyak dan telah kami rasakan sendiri," ujar Sudirman.

Lebih jauh, ia menyampaikan, mudahan Marhuale Simbolon jadi calon tetap dan terpilih jadi Bupati. Karena menurutnya, Marhuale Simbolon sosok yang sangat bermasyarakat, mau langsung turun kelapangan, dan sangat peduli akan petani. Selain itu, berharap kebun yang ada saat ini diperluas lagi dan pasarnya dikembangkan.

"Mudahan Bapak Marhuale Simbolon jadi calon tetap dan terpilih jadi Bupati, karena beliau bermasyarakat, turun kelapangan, dan sangat peduli akan petani. Jujur saja, kita rata masih petani yang selama ini luput dari perhatian pemerintah saat ini. Sangat jauh berbeda dengan Pak Marhuale Simbolon, yang belum jadi bupati (masih Balon), tetapi sudah banyak membantu, serta memfasilitasi petani," pungkas Sudirman.

Bertekad meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Samosir dengan turut berkompetisi pada pesta demokrasi Pilkada 2020, Marhuale Simbolon mengusung visi "Terwujudnya Masyarakat Yang Sejahtera, Berbasis Pertanian Dan Pariwisata".*
Editor : Sisie
Kategori : Samosir, Sumatera Utara, Politik, Ekonomi, Peristiwa, Umum
www www