LABURA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) akan melakukan pendataan dan langsung turun melakukan jemput bola untuk membantu masyarakat dalam penerbitan dokumen kependudukan yang rusak atau hilang bagi korban yang diterjang banjir bandang pada Minggu (29/11/2019) lalu. Kepala Dinas Dukcapil Labuhanbatu Utara, Adi Winarto melalui Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Irsan Munte beserta beberapa staf melakukan pendataan dokumen di Desa Hatapang Kecamatan Na IX-X yang rusak dan hilang akibat bencana banjir bandang.

Irsan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah dokumen kependudukan, baik yang hilang maupun yang rusak akibat banjir bandang di Desa Pematang dan akan menyusul untuk warga Desa Hatapang, baik itu dokumen KTP, KK dan akte kelahiran anak secara gratis. Langkah ini sebagai tindak lanjut surat edaran Dirjen Kependudukan dan Pencataan Sipil Nomor : 470/32/DUKCAPIL.

"Tim kita sudah langsung turun menjemput bola kelapangan dan dipastikan akan diganti secara gratis bagi korban bencana banjir bandang," sebut Irsan (10/01/2020)

Dinas Dukcapil Labura juga menjamin mempermudah proses pengurusan dokumen kependudukan yang rusak dan hilang, mekanismenya juga dipermudah.

Pasca bencana alam berupa banjir bandang, Disdukcapil Labura langsung bergerak dan aktif mendata dan mengganti dokumen yang rusak dan hilang.