LABURA - Banjir bandang meluluhlantakkan kediaman warga di Dusun Siria Ria, Desa Pematang, Kecamatan Na IX-X,  Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sabtu (29/12/2019) sekira pukul 01.30 dini hari tadi. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatera Utara, Riadhil A. Lubis menjelaskan, banjir bandang ini terjadi diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan meluapnya Sungai Lubuk Natiko dan Sungai Siria-ria dan membawa material kayu serta batu dari arah hulu.

Menyikapi ini, pihaknya bersama instansi terkait sudah turun ke lapangan untuk melakukan kajian cepat dan pemberian pertolongan pertama kepada warga.

"Data sementara ada tiga rumah hanyut, jembatan penghubung Dusun Padang Nabidang menuju Dusun Siria-ria putus total, bahkan akses untuk berjalan tidak bisa ditempuh menuju Dusun Siria-ria," jelasnya.
Pihaknya juga membutuhkan alat berat untuk membersihkan material batu dan kayu.

"Aliran banjir juga menyebabkan banjir di Kabupaten Labuhanbatu yaitu di Dusun Aek Pala, Desa Janji. Ada 11 unit rumah warga terendam air. BPBD Labuhanbatu juga sudah turun ke lapangan untuk membantu warga," tandasnya.