MEDAN - Ini memang lain. Beda dari bakso biasanya. Lainnya terletak pada campuran kalsium organik yang menyelimuti bakso dan kuahnya. Bening dan tidak berlemak.

Rasanya? Luar biasa, maknyus. Mantul (mantap betul). Itu dirasakan GoSumut saat menikmati semangkuk Bakso Ha di arena bakti sosial dan pameran aneka produk panganan sehat berkalsium organik yang digelar Komunitas EcoHealt Tourism (GEHAT) di lokasi Wisata Mangrove Jalan Persil Dusun 18 Desa Bagan Percut Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Ahad (29/12/2019).

Menurut Joko Imawan Manager Bakso Ha, mereka sengaja meracik bakso berkalsium organik setelah bertemu dengan penemu kalsium organik dari tulang ikan yang juga Dosen FMIPA Universitas Sumatera Utara Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si MSi.

"Setelah menggunakan kalsium organik, bakso kami kok tambah enak, padahal tanpa campuran penyedap rasa. Kata Pak Sontang, makanan atau minuman yang dicampur dengan kalsium organik rasanya tambah lezat, bahkan membuat sehat," tutur Joko. Mengutip penjelasan sang penemu kalsium organik dari tulang ikan, papar Joko, anak-anak yang suka makan bakso Ha sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi. Khusus untuk orang tua bahkan bisa mengobati Osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Menurut MS Sihotang, sang penemu, Kalsium Organik atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Hidroksiapatit (HA) adalah bentuk mineral murni yang juga sebagai komponen mineral utama bagi tulang manusia dan gigi. "Hidroksiapatit merupakan suatu kalsium fosfat seramik yang terdiri atas kalsium (Ca) dan fosfat (P) dan berasal dari rangka sejenis binatang karang dan melalui proses hidrotermal.

Penggunaan Hidroksiapatit tidak mengalami permasalahan dari segi kesesuaian biologi. Bahkan Hidroksiapatit bersifat mudah diserap (resorpsi), tidak beracun dan bioaktif sehingga dapat membentuk ikatan langsung dengan tulang. Karana itu, kata MS Sihotang, Hidroksiapatit dapat digunakan sebagai bahan pengganti tulang misalnya untuk mengisi dan membangun kembali tulang yang cacat.

Tak sabar mengetahui dimana alamat Resto Bakso Ha/Bakso Bom ini? Bagi Anda pencinta Bakso, boleh berkunjung ke Jalan Ringroad No.4 dekat simpang Jalan Kenanga Raya. Buat yang mau order untuk acara pesta dapat menghubungi nomor WA Joko Imawan 0812-6242-4119. Soal harga, dijamin terjangkau.***