PALUTA-Ketua Dekranasda Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Ny Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap didampingi wakil ketua Ny Masdorifa Hariro Harahap beserta jajaran kunjungi kegiatan Festival Budaya dan Oleh-oleh Khas Tabagsel 2019 baru-baru ini di Alaman Bolak Padang Nadimpu Kota Padangsidimpuan.

Kunjungan Ny Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap bersama Wakil Ketua Dekranasda Paluta beserta jajaran ini untuk melihat langsung Stand dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Padang Lawas Utara yang sedang pamerkan cenderamata asli khas Paluta dalam acara Festival Budaya dan Oleh-oleh Khas Tabagsel tersebut.

Kegiatan Festival Budaya dan Oleh-oleh Khas Tabagsel Tahun 2019 ini dibuka sejak tanggal 18 dan ditutul pada tanggal 22 Desember 2019 kemarin. Kegiatan ini tampak diikuti 150 lebih pelaku UMKM yang memamerkan sekaligus menjual berbagai produk cenderamata khas masing-masing daerah dan juga memamerkan makanan, minuman dan kerajinan tangan khas Tapanuli Bagian Selatan.

Selain memerkan buah kerajinan tangan dan makanan khas daerah masing-masing festival itu juga menampilkan pagelaran adat budaya suku dan etnis masyarakat khususnya yang ada diwilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

Kepada Gosumut Ade Aan Rostiani selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Paluta berharap agar kiranya seluruh kerajinan tangan dan makanan khas yang ada didaerah Paluta tetap dapat dipertahankan ciri khasnya dan pihaknya akan selalu mengikuti setiap ada kegiatan Festival Budaya dengan tujuan memperkenalkan segala kerajinan tangan dan jenis makanan khas Paluta kepada masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang ada diwilayah Tabagsel.*