TOBASA-Untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilukada tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tobasa terima anggaran Dana Hibah dari Pemkab Tobasa sebesar 29,1 Miliar.

Dana ini meningkat signifikan dari Anggaran Dana pelaksanaan Pemilukada tahun 2015 lalu sebesar Rp. 16 Miliar. Demikian disampaikan Ketua KPU Tobasa, Henri Marudin H Pardosi, SH kepada wartawan usai peluncuran Jingle dan Maskot Pemilukada Tobasa 2020, di Convention Hall Sinar Minang, Balige, Kamis (18/12/2019).

Dijelaskan Hendri, peningkatan Anggaran salah satunya di karenakan kenaikan Gaji/Honor Badan Adhoc dari sebelumnya Rp.1.850.000,- naik menjadi Rp. 1.850.000,-/Bulan. Salah satu menjadi pertimbangan untuk kenaikann Gaji/Honor di sesuaikan dengan kebutuhan. "Oleh karenanya kita mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tobasa dan DPRD yang telah menyetujui dan mengetuk palu persetujuan anggaran Pemiulkada 2020," ungkap Hendri Pardosi.

Lanjut Hendri, untuk Gaji/Honor badan adhoc diperkirakan Rp.16 M, dan sisanya akan digunakan untuk dana lain lainnya. Atas peningkatan Gaji/Honor Badan Adhoc, diharapkan kedepan kinerja (Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan meningkat lebib bagus dari sebelumnya, khusnya dalam akurasi data Pemilih.

Dalam pelaksanaan Pemilukada Bupati/Wakil Bupati tahun 2020 sesuai aturan dan amanah Undang Undang KPUD befkonsolidasi dengan PPK selanjutnya ke PPS dan KPPS di TPS Desa unuk bekerja menjalankan tuhasnya dengan maksimal baik dalam pelaksanaan sosialisai dan Tahapan Pelaksanaan Pilkada hingga pelaksanaan Pemilukada di H (23/09/2020). "Kesemuanya harus tersampaikan dengan baik dan tepat kepada seluruh masyarakat Tobasa, sebagai pemilik suara hak pilih, " tutur Pardosi.

Sekaitan dengan persetujuan dan pemberian Dana Hibah kepada KPUD Tobasa untuk digunakan sebagai dana anggaran Pemilukada Bupati/Wakil Bupati tahun 2020 sebesar Rp. 29,1 Miliar oleh pemkab Tobasa yang disetujui bersama DPRD Kab Tobasa dibenarkan Sekda Kab.Tobasa Drs.Audy Murphy Sitorus,SH.M.Si.

Pengakuan ini disampaikan Murphy, dalam sambutan dan arahannya yang mewakili Bupati Tobasa pada acara Launching Jingle dan Mascot Pemilukada Tobasa 2020 Rabu,(18/12/2019) di Convantion Hall Restoran Sinar Minang Balige.

Hadir dalam acara tersebut mewakili Komisioner KPU RI oleh Komisioner KPUD Prov.Sumut Hj.Ira Witati,S.Ag, M.Pd.hadir mewakili Kapolres Tobasa Kabag Ops Kompol Drs.Efendi Sinaga, Mewakili Kejari Tobasa Kasi Intel Gilbet Matondang,SH, Assiten 1 Pemkab Tobasa Harapan Napitupulu,SH, Kabag Tapem Lahsa Manullang,SSTP, Camat Balige Pantun Pardede, Camat Laguboti Nelly Tobing, Camat Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan,SH,Camat Nassau, Camat Silaen Sedi Lumbanraja, Camat Ajibata diwakili Sekcam, Camat Sigumpar Jaga Situmorang, Camat Porsea Robert Manurung dan Camat Uluan.

Dalam kesempatan tersebut Audy Murphy Sitorus juga menyampaikan, Pemilukada 2020 adalah amanah Undang Undang yang menjadi Agenda Kerja Nasional untuk menentukan pemimpin di setiap Daerah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dimana masa jabatan Kepala Daerahnya sudah memasuki tahapan batas waktu (Habis).

"Untuk pemilihan Kepala Daerah (Bupati/Wakil Bupati) Kab. Tobasa akan diadakan pada tahun 2020 untuk masa periode jabatan Bupati/Wakil Bupati Tahun 2020-2024. Berdasarkan jadwal dari KPUD Kab.Tobasa untuk pelaksanaan Pemilihan akan dilaksanakan pada 23 September 2020.atas hal tersebut Pemkab Tobasa telah memfasilitasi KPUD Tobasa dengan pengucuran Dana Hibah sebesar Rp. 29,1 Miliar untuk digunakan sebagai Anggaran Dana pelaksanaan Pilkada. Hendaknya anggaran tersebut dapat digunakan secara efektif pada setiap proses jalannya pelaksanaan Pemilukada Kab.Toobasa Tahun 2020.*