Home >  Berita >  Peristiwa

Polres Nisel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2019

Polres Nisel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2019
Kamis, 19 Desember 2019 13:08 WIB
Penulis: Halawa
NISEL-Kepolisian Resort Nias Selatan menggelar pasukan Operasi Lilin Toba Tahun 2019 di Halaman Mako Polres Jalan Mohh.Hatta, Telukdalam, Kamis, (19/12/2019).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Kapolres Nisel, AKBP I Gede Nakti Widhiarta, SIK dan komandan upacara, Ipda pol Ardiansyah.

Gelar pasukan ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita kepada perwakilan peserta operasi oleh Kapolres Nisel.

Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kapolres Nisel diantaranya mengatakan, gelar pasukan bertujuan guna memastikan kesiap siagaan personil dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
Ads

"Operasi Lilin Tahun 2019 ini merupakan operasi Kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai Senin, Tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan hari Rabu, 1 Januari 2020. Fokus pengamanan adalah 61.308 obyek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan Tahun Baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA dan bandara," tutur Kapolri.

Sedangkan jumlah personil pengamanan yang akan dilibatkan dalam operasi tersebut sebanyak 191.807 terdiri dari 121.358 personil Polri, 17.190 personil TNI, 55.259 personil instansi terkait diantaranya, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Pramuka, pemadam kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi terkait lainnya.

Kapolri juga dalam amanatnya itu menyampaikan beberapa penekanan kepada personil pengamanan yakni, tetap menjaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan sebagai ibadah kepada TYME. Lalu, pastikan setiap personil hadir sesuai ploting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

Kemudian, lakukan deteksi dini dengan memetakan titik kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Berikutnya, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system dan terakhir, mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Pada akhir amanatnya, Kapolri juga mengucapkan selamat hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Hadir saat itu, Danlanal Nias, Letkol Jan Lucky Boy Siburian, Asisten I Setdakab Nisel, Gayus Duha, Danramil 12/Telukdalam, Mayor Inf.Hatianus Zega, Waka Polres, Kompol Martin Luther Dachi, sejumlah perwira utama Lanal Nias, sejumlah pejabat utama Polres Nisel, Kapolsek jajaran Polres Nisel dan perwira lainnya.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol-PP.

Usai upacara, Kapolres Nisel didampingi Waka Polres beserta pejabat utama dan Kapolsek jajaran secara khusus menyampaikan ucapan selamat Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.*
www www