MEDAN-Guna memberikan edukasi dan memperkuat pemahaman mengenai pasar modal pada masyarakat terutama pada mahasiswa PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Wilayah Medan bersama MNC Sekuritas membuka dua galeri investasi di Medan menjelang tutup tahun 2019.

Adapun galeri investasi ini di buka di Universitas Potensi Utama (UPU) dan juga di Universitas Dharma Agung yang diharapkan dapat memperkenalkan pasar modal sejak dini kepada dunia akademisi.

Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia BEI, Risa E. Rustam mengatakan galeri investasi yang berada di UPU ini merupakan galeri investasi ke 15 di Sumatera Utara (Sumut) dan tahun ini merupakan galeri investasi ke 62. Sementara untuk jumlah keseluruhan galeri investasi di Indonesia terdapat 463 galeri investasi.

"Harapan kami galeri ini tentunya sebagai pusat informasi dan edukasi untuk aktivitas akademika Universitas Potensi Utama dan juga masyarakat sekitar kampus. Tentu semakin familiarnya mahasiswa ini sehingga dapat menginspirasi dan memotivasi mereka untuk memulai pelan pelan berinvestasi di pasar modal," ujar Risa, Kamis (19/12/2019).

Diakui Risa, galeri investasi tidak hanya memberikan pengunjung sebuah pemahaman pasar modal secara teori, melainkan juga memberikan kesempatan untuk melakukan simulasi serta bertransaksi secara langsung dan real time. Di dalam galeri investasi, tersedia berbagai informasi mengenai pasar modal termasuk ketentuan pasar modal.

"Galeri investasi ini memiliki fasilitas buka rekening dari.MNC Sekuritas sehingga bila mahasiswa maupun masyarakat sekitar ingin berinvestasi sudah bisa langsung dilakukan di sini. Yang dipelajari di bangku kuliah itu teori-teori yang dipelajari bisa dipraktekkan langsung disini," ungkapnya.

Program ini juga menawarkan pembukaan rekening efek dan langsung memulai aktivitas investasi mulai dengan nominal Rp 100 ribu. "Modal berinvestasi itu terjangkau, investasi awal cukup dengan Rp 100 ribu saja," kata Risa.

Dalam kesempatan yang sama Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPU, Alim Murtani mengatakan pihaknya menyambut baik dengan adanya galeri investasi ini.

"Kita juga mengucapkan terimakasih karena dengan adanya galeri investasi ini sangat membantu khususnya untuk mahasiswa akuntansi, manajemen, perbankan syariah dan ekonomi syariah. Ini sebagai wadah edukasi mahasiswa kita agar tidak hanya belajar teori saja, kita juga sudah bisa mengajarkan untuk praktek investasi langsung," ucap Alim.

Sementara itu Branch Manager MNC Sekuritas Medan, Purnomo Darmowarsito menambahkan galeri investasi di UPU ini merupakan galeri investasi yang termewah di Sumatera Utara (Sumut). Dalam kegiatan itu ia berbagi informasi tentang solusi cerdas investasi milenial. Menurutnya yang Galeri di Sumut ini galeri investasi yang termewah.*