SERDANG BEDAGAI-Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat Monitoring Independen Tranparansi Realisasi Anggaran(DPD -LSM MITRA), melaporkan dugaan Alokasi Dana Desa (ADD) 2018 Desa Sukadamai ke Polres Sergai.

"Kami lembaga swadaya masyarakat Monitoring Independen Tranparansi Realisasi Anggaran(DPD -LSM MITRA) sebagai kontrol sosial dalam mewujudkan tata pemerintah dan tata pengelolahan keuangan yang baik dan transfaran dalam upaya kepedulian terhadap pembangunan daerah guna terciptanya penyelenggaraan pemerintah yang bersih dan bebas dari KKN serta terciptanya pemerintah yang transfaran dan akuntabilitas," ungkap Ketua DPD LSM- MITRA Sergai, Hutur I.V. Pandiangan SH melalui Sekretaris DPD LSM- Mitra MHD. Amin Simbiring kepada Gosumut di Seirampah, Senin (16/12/2019).

"Atas pengaduan masyarakat tersebut sesuai bukti surat peryataan maupun gambar dengan nomor 005/DPD-LSM/SB/XII/2019, hari ini sudah kita serahkan ke bagian Kasi Umum Polres Sergai dan diterima oleh bapak Iptu Suharno," kata Sekjen DPD LSM- MITRA MHD. Amin Simbiring.

"Dengan ini datang kehadapan Bapak Kapolres Serdang Bedagai untuk menyampaikan pengaduan masyarakat dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa Suka Damai, Kec Seibamban, Kab Sergai. Hal ini kami tetap mengacu kepada norma , etika, dan peraturan yang berlaku serta mengedapankan" Azas praduga tak bersalah," ujarnya.

"Adapun laporan kami yakni tentang pembangunan kegiatan rapat beton yang berlokasi di Dusun XIV, menurut informasi dikerjakan dengan anggaran tahun 2018 bersumber dari alokasi dana desa (ADD) sukadamai, diduga adanya indikasi tidak mendapatkan persetujuan salah satu warga pemilik tanah yang dibangunnya rabat beton tersebut sesuai bukti surat peryataan dan gambar," ucapnya.

"Bahkan menurut informasi sesuai pengaduan masyarakat sekira tahun 2015, sebagian masyarakat Desa Suka Damai mengikuti pengurusan Serifikat Hak milik( SHM) dengan program prona oleh Badan Pertanahan Kabupaten Serdang Bedagai yang difasilitasi oleh pemerintah Desa Suka Damai, akan tetapi hingga saat ini SHM tersebut belum selesai," ujarnya.

"Untuk itu, kami DPD LSM- MITRA Sergai memohon kepada bapak Kapolres Sergai untuk melakukan klarifikasi terhadap para pihak- pihak terkait," ungkap Sekjen DPD LSM- MITRA MHD. Amin Simbiring.*