MELAKA - Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yang berpusat di Melaka, Malaysia bersilaturahmi dengan tokoh pemuda Sumut Rolel Harahap dan Ketua Umum Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Said Al Idrus, Kamis (12/12/2019) petang di Melaka. Rolel Harahap dan Said Al Idrus bertindak sebagai utusan Tokoh Pemuda Indonesia, Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

Mereka bertemu langsung dengan Ketua Biro Belia DMDI, Dato' Seri Dr Idris Harun. Dato' Idris Harun merupakan Ketua Menteri Melaka, jabatan setingkat gubernur provinsi selama 2014-2018 di Melaka.

Dalam pertemuan itu, Dato' Idris yang saat ini menjabat President WAY (World Assambly of Youth/Organisasi pemuda se-dunia), membicarakan kemungkinan Indonesia menjadi tuan rumah Kongres WAY pada akhir Februari 2020.

"Tentu kami bangga bisa bersilaturahmi dengan Tokoh Pemuda Rolel Harahap. Rolel Harahap adalah aktivis yang banyak terlibat memajukan belia (pemuda) Melayu di Melaka Malaysia dan Sumatera Utara. Ditambah pula ada Said Al Idrus pemimpin belia Mesjid se-Indonesia. Jadi sangat tepat bila kami membahas kemungkinan Indonesia menjadi tuan rumah Kongres WAY," ujar Dato' Idris Haron.

Kongres WAY juga dikenal merupakan pertemuan delegasi organisasi pemuda seluruh dunia.

Dalam pertemuan, Dato' Idris juga mengapresiasi keterlibatan Rolel Harahap dalam memajukan Belia Melayu Melaka dan Sumatera Utara.

Program kerjasama antar belia Melayu banyak dihelat ketika Rolel Harahap menjadi pengurus KNPI Sumatera Utara hingga menjadi Ketua di organisasi kepemudaan tersebut.

"Pak Rolel adalah tokoh melayu yang banyak terlibat merapatkan hubungan belia melayu Melaka dan Sumatera Utara, dalam kerangka DMDI. Saat itu saya menjabat Ketua MGBM (Majelis Gabungan Belia Melaka/gabungan organisasi pemuda se-Negeri Melaka), sedangkan Pak Rolel menjabat Setia Usaha KNPI kemudian terpilih sebagai Ketua KNPI Sumatera Utara," ucap Dato' Idris.

Diharapkan, kerjasama itu terus berlanjut seperti tahun-tahun sebelumnya. Yakni kerjasama belia Melayu pada bidang pendidikan, budaya dan kewirausahaan.

"Waktu itu Pak Rolel aktif terlibat kerjasama magang pemuda melayu Melaka dan Sumatera Utara," ungkap Dato' Idris Harun.

Di akhir silaturahmi, Dato' Idris juga menyinggung niat Rolel Harahap maju di Pilkada Medan 2020.

"Saya pernah baca artikel di media. Tentu niat ini harus didukung dan didoakan. Apalagi Pak Rolel pernah memimpin Tanah Melayu Asahan ketika jadi Wakil Walikota Tanjungbalai. Insha Allah berhasil di Tanah Melayu Deli," tukas Dato' Idris Harun.

Diketahui, saat ini Rolel Harahap mendaftar sebagai Bakal Calon Wakil Walikota Medan lewat Partai Golkar pada Pilkada Medan 2020 mendatang.