NEW CLARK - Ternyata Nova Emilia sempat istirahat selama dua bulan saat menjalani pelatnas akibat cedera tumit. Namun, dia mampu menyelesaikan tugas dengan merebut medali emas nomor 100 M Gawang putri cabang olahraga atletik SEA Ganes XXX di Clark Atletic Stadium, Filipina, Senin (9/12/2019). "Rasanya bahagia banget bisa menyumbangkan medali emas," kata Nova Emilia yang ditemui usai lomba. 

Perjuangan Nova memang cukup berat saat persiapan menuju SEA Games Filipina. Bahkan, dia menyebutkan sempat tidak latihan dua bulan karena cedera tumit. "Persiapan saya tahun ini sempat terhambat karena cedera tumit. Saya sempat istirahat dua bulan sama sekali tidak lari. Terus drop banget. Tapi, Alhamdulillah beberapa bulan kondiai membaik tetapi terkadang masih suka terasa nyeri cuma saya yakin saja kalau rezeki saya juara  ya juara aja',* ujarnya. 

Ketika ditanyakan ada kesulitan lain untuk bisa merebut emas, Nova menjawab, "Sebenarnya mudah sih kalau saya latihannya rutin. Lawan terberat itu adalah diri sendiri."

Di nomor 100 M Lari Gawang Putri, Nova mencatat waktu terbaik 13,61detik. Medali perak direbut Tran Thi Yen Hoa (Vietnam) 13,75 detik dan Binte Zaini Nur Izlyn (Singapura) dengan waktu 13,92 detik meraih perunggu. ***