TOBASA-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba Samosir Kamis, (5/12/2019) terlaksana dengan Aman, Tertib dan Kondusif dengan memdapat pengawalan dan pengawasan dari pihak jajaran Polres Toba Samosir dan Anggota Koramil 13 Porsea.

Pilkades di Kecamatan Siantar Narumonda dilaksanakan sesuai dengan Perda No.2 Tahun 2017 atas perubahan Perda No. 4 Tahun 2015 Tentang Pemilihan Kepala Desa.

Dari 14 desa se Kecamatan Siantar Narumonda yang melaksanakan Pilkades hanya 6 desa. Ke 6 desa yakni desa Narumonda I, Desa Narumonda VI, desa Narumonda VII, desa Siantar Tongatonga I, desa Siantar Tongatonga II dan desa Siantar Sigordang dimana para Kepala Desanya telah memasuki masa akhir jabatan.

Pelaksanaan Pilkades Kecamatan Siantar Narumonda juga di monitor dan diawasi langsung oleh tim monitoring dari Dinas PMDP dan PPA Kab,Tobasa yang di pimpin langsung oleh Rajiun Tampubolon Plh Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMDP dan PPA Pemkab Tobasa.

Pilkades di 6 desa Kecamatan Siantar Narumonda di ikuti 16 peserta Calon Kepala Desa (Cakades).desa Narumonda I 4 Cakades (Tarigan Marpaung/Incumbent, Perri Marpaung, Ernist Sinambela dan Reynold Sinambela), Desa Narumonda VI 2 Cakades (Sahat Marpaung dan Kennedy Marpaung), desa Narumonda VII 2 Cakades (Anggiat Sinambela dan Sukses Naiputupulu), desa Siantar Tonga-Tonga I 2 Cakades (Sangapan Marpaung/Incumbent dan Robinson Marpaung), desa Siantar Tonga-Tonga II 2 Cakades (Rusman Marpaung/Incumbent dan Parlindungan Marpaung) dan desa Siantar Sigordang 2 Cakades (Erika Panjaitan dan Donny Marpaung/Incumbent).

Pilkades yang di selenggarakan di Kecamatan Siantar Narumonda secara Demokratis melahirkan pemimpin baru di desa.desa Narumonda I di menangkan oleh Perri Marpaung 184 suara dari 380 suara yang hadir dari 471 Daftar Pemilih Tetap (DPT).desa Narumonda VI di menangkan oleh Sahat Marpaung 175 suara dari 304 suara yang hadir dengan DPT 396.desa Narumonda VII di menangkan Anggiat Sinambela dengan suara 187 suara dari 206 suara yang hadir dengan DPT 268 suara.

Untuk desa Siantar Tonga-Tonga I dimenangkan oleh Cakades Robinson Marpaung sebanyak 218 suara dari 301 suara yang hadir dengan DPT 365 suara.desa Siantar Tonga-Tonga II di menangkan Cakades Parlindungan Marpaung sebanyak 107 suara dari 206 peserta yang hadir dari DPT 237.untuk desa Siantar Sigordang Pilkades berhasil di menangkan oleh Cakades Incumbent Donny Marpaung dengan suara 150 suara dari 169 suara yang hadir dari DPT 212 suara.

Camat Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan, SH kepada gosumut saat dikonfirmasi menjelaskan, Pilkades Kes.Siantar Narumonda Aman, Kondusif dan Terkendali dengan baik.

Lanjutnya, untuk para Kepala Desa terpilih akan dilantik resmi menjadi Kepala Desa oleh Bupati Toba Samoair Ir, Darwin Siagian pada 30 Desember 2019 dan pada 31 Desember 2019 dilaksanakan sosialisasi kepada para Kepala Desa yang baru.

"Untuk serah terima jabatan di desa dari Pejabat Kepala Desa kepada Kepala Desa yang baru akan dilaksanakan pada awal bulan Januari 2020.jelas Camat.*