ASAHAN-Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan melakukan kegiatan cuci tangan pakai sabun di SMAN 2 Kisaran, Selasa (19/11/2019).

Turut hadir dalam kegiatan Kepala Dinas Pendidikan mewakili Bupati , Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Yusnila Indriati Taufik beserta pengurus PKK, Kepala Puskesmas Gb. Baru Dr Riana, Kepala SMAN 2 Kisaran Saharuddin Lubis, SPd, MM, Camat Kecamatan Kota Kisaran Timur dan Ketua TP. PKK Kecamatan Kisaran Timur.

Hj. Titiek Sugiharti Surya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Asahan mengatakan bahwa kegiatan cuci tangan pakai sabun sejak dini hendaknya terus dipraktikkan dan diberi contoh dimanapun berada, agar anak biasa hidup sehat, karena hal ini adalah upaya mengajak mereka hidup sehat sejak dini.

"Kita selaku orang tua harus menjadi contoh dan tauladan bagi anak-anak. Kita sama-sama tanamkan kepada mereka untuk selalu mencuci tangan pakai sabun, sehingga bisa membersihkan kotoran dan kuman di tangan, sebelum melakukan aktivitas, seperti makan," kata Titiek.

Lebih lanjut Hj. Titiek mengatakan Cuci tangan pakai sabun merupakan program pengendalian infeksi. Hal ini berguna untuk menghindari penyebaran penyakit ke diri sendiri maupun orang lain. Karena 98 persen penyebaran kuman di tubuh bersumber dari tangan.

Namun kesadaran masyarakat akan arti penting kesehatan belum memadai. Sehingga banyak yang tidak menyadari angka kejadian berbagai penyakit infeksi di Indonesia cukup tinggi. Padahal, penyakit infeksi itu bisa dicegah dengan langkah sederhana dan murah seperti mencuci tangan pakai sabun atau handrub (pembersih tangan sejenis alkohol).

Selanjutnya Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan beserta Pengurus PKK Kabupaten Melaksanakan cuci Tangan Pakai sabun bersama sama dengan siswa/siswi SMAN 2 Kisaran.

Pada kesempatan yang sama Hj.Titiek juga membagikan Tempat Minuman kepada siswa/siswi usai melaksanakan cuci tangan pakai sabun, selanjutnya Titiek juga memberikan Kuis Pertanyaan kepada Siswa/siswi dan yang mampu menjawab beliau langsung memberikan hadiah.*