Terancam Putus, Jalinsum Sosopan Longsor dan Ambalas

Terancam Putus, Jalinsum Sosopan Longsor dan Ambalas
Jalinsum Sosopan Longsor dan terancam putus akibat sejumlah badan jalan tertutup tanah longsoran tebing dan amblas
Jum'at, 25 Oktober 2019 20:07 WIB
Penulis: Ibnu Sakti Nasution
PALAS - Kondisi Jalinsum menuju Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas, terancam putus total akibat sejumlah badan jalan tertutup timbunan longsor. Hal ini dikarenakan curah hujan cukup tinggi dalam sepekan terakhir ini.Menurut pengakuan sejumlah warga dan pengguna jalan, Jumat (25/10/2019), sejumlah badan jalan longsor dan tertimbun tanah longsor dari tebing bukit, sehingga sulit dilalui kenderaan. Apalagi, kondisi Jalinsum provinsi wilayah Sosopan ini diperparah karena musim penghujan secara terus menerus, sehingga semakin rawan longsor.

Zulkarnain warga Sosopan yang mengunakan Jalinsum Sosopan ditemui di lokasi jalan longsor di desa Ulu Aer mengatakan, kondisi ini semakin sulit dilalui, karena di sana-sini terdapat lubang menganga, bahkan di sejumlah titik badan jalan amblas dan longsor, sehingga dikhawatirkan bakal terancam putus.

Camat Sosopan, Paruhuman Harahap membenarkan kondisi Jalinsum Sosopan yang rusak parah.

Ads
"Kondisi jalan provinsi wilayah Sosopan terdapat sejumlah titik badan jalan yang keadaannya rusak parah dan sulit dilalui kendraaan," ungkapnya.

Hal ini terjadi seperti di Desa Simartolu dekat perbatasan Kabupaten Padanglawas Utara. Begitu juga di beberapa titik seperti di Desa Hulim dengan Desa Uluaer telah longsor jika hujan terus mengguyur wilayah tersebut.

Sementara itu, Kepala UPT Bina Marga Dinas Bina Marga Provinsi Marlindo Harahap mengaku, akan segera turun ke lokasi dan melakukan penanganan sementara agar penguna jalan dapat melintas ke wilayah Sosopan.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Umum, Peristiwa, Sumatera Utara, Padang Lawas
www www