SERDANG BEDAGAI - Sebanyak 214 personel Satuan Polisi Pamong Praja(Satpol PP) Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, menjalani tes urine mendadak yang dilakukan BNNK Sergai.

Pemeriksaan urine ini sendiri terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun tenaga honorer yang bertempat di Aula Praja Wibawa Mako Satpol PP, Sei Rampah, Rabu (23/10/2019).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Sergai Fajar Simbolon kepada Gosumut, Rabu (23/10/2019) mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan usai apel pasukan persiapan menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2019.

"Kita tetap konsisten, dalam satu tahun ini kita melaksanakan 2 kali dan sifatnya dadakan. Hal ini guna pengamanan pelaksanaan Pilkades yang dijadwalkan berlangsung pada 30 Oktober 2019 berjalan lancar, damai, aman dan sukses," jelasnya.

Dia berharap, personel tetap semangat dalam melakukan pengawalan dan pengamanan Pilkades, sehingga seluruh tahapan berlangsung sukses dan kondusif.

"Kita harus mempunyai personel yang disiplin, patuh terhadap peraturan dan tertib dalam bertugas serta terhindar dari narkoba,” tegasnya.

Sebab, lanjut dia, permasalahan narkoba adalah musuh bersama. Oleh karenanya, kegiatan ini bersinergi dengan BNNK guna pelaksanaan kegiatan tes urine terkhusus melalui lingkungan satuan kerja Satpol PP.

"Ini kita lakukan juga dalam pencegahan sebelum terjadi kepada seluruh personel Dinas Satpol-PP itu sendiri. Kita lakukan ini tanpa terkecuali termasuk saya sendiri," ujar Fajar Simbolon.

"Apabila hasil tes urine nanti ada yang dinyatakan positif menggunakan narkoba baik ASN, maka akan diberikan sanksi sesuai prosedur dengan mengacu pada peraturan PP 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS. Dengan demikian, konsekuensinya bisa berupa sanksi penurunan pangkat dan lainnya. Sedangkan tenaga kontrak akan diberikan sanksi pemecatan secara tidak hormat," harapnya.

"Dengan terlaksananya kegiatan ini, saya mengucapkan terimakasih kepada BNNK Sergai yang telah membantu dalam memfasilitasi tes urine, terkhusus juga pada pelaksanaan Operasi Kasih Sayang kemarin. Sementara untuk hasil dari test urine kita masih menunggu hasil resmi dari pihak BNNK," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Sergai Adlin M. Tambunan membenarkan bahwa BNNK Sergai telah melakukan pemeriksaan tes urine terhadap seluruh Satpol PP Sergai.

"Hasilnya tidak ada ditemukan yang menggunakan narkoba (negatif)," tutupnya.