KARO - Ribuaan warga Tionghoa yang tergabung dalam Perkumpulan Persaudaraan Berastagi Sejahtera (PPBS) ikut memeriahkan prosesi dan perayaan HUT ke 30 PPBS, Minggu (20/10/19) di Nelayan Restoran Jalan. Karang Bolong Raya Ancol Barat, Jakarta Utara. Acara ini turut dihadiri Bupati Karo Terkelin Brahmana. Ketua PBBS Efendi Hansen NG Sinulingga mengatakan, kegiatan ini sudah jauh hari dimatangkan untuk dapat digelar, khususnya warga Tionghoa yang berasal dari Berastagi.

"Namun sebagian telah berdomisili di Jakarta sekitarnya. Hal ini tentu mendorong kegiatan berkontribusi untuk memberikan semangat dan ucapan terimakasih bagi teman, sahabat, kerabat, keluarga dan partisipatif selama ini dalam membantu misi kemanusiaan pasca erupsi Gunung Sinabung," tuturnya.

Dia mengaku, PPBS sedih melihat musibah yang dialami warga kampung halamannya, sehingga dirinya tergerak secara naluri untuk memberikan dukungan dan hadir di tengah korban terdampak erupsi.

"Untuk memberikan edukasi dan meyakinkan agar saudara saudara-ku tetap semangat menghadapi musibah yang berlarut larut," urainya.

Kata Hansen, inilah menimbulkan kepedulian bagi semua PPBS (Persaudaraan Berastagi Sejahtera).

"Kami ini sebagai bentuk solidaritas, sehingga mengumpulkan dana untuk keperluan bagi masyarakat terdampak pasca erupsi gunung sinabung berupa kebutuhan logistik, pakaian, sembako, kala itu," tukasnya.

Selain itu, Hansen menuturkan PPBS juga membentuk wadah rumah belajar dengan menyediakan buku buku bagi anak pengungsi dan menyediakan tempat pelatihan mekanik sepeda motor, agar anak anak pengungsi yang tidak ada pekerjaan, bisa menambah ilmu bidang mekanik servis sepeda motor.

Sementara, Bupati karo Terkelin Brahmana, mengucapkan selamat ulang tahun ke 30 bagi PBBS.

"Semoga PPBS selalu berkarya dan ingat terus asal usul bagi Kabupaten Karo," ucapnya.

Terkelin mengapresiasi panitia dan seluruh PPBS, dengan digelarnya acara ini dan tidak sedikitpun menghilangkan kearifan lokal budaya Karo.

"Jelas kita lihat dari awal acara prosesi pakaian budaya Karo tetap ditonjolkan bagi yang ikut ambil bagian, bahkan musik didendangkan mengisi acara dengan musik Karo, ini adalah luar biasa," katanya disambut applause.

"Atas nama Pemda Karo, kami ucapkan terima kasih atas partisipatif PPBS yang terus ikut membantu warga Karo dan hadir selalu mendorong Pemda kKaro dalam kegiatan sosial dan mewujudkan pembangunan di Karo. Sebagai pemerhati Gunung Sinabung, kita juga ucapkan terimakasih dan kita berikan dalam bentuk piagam penghargaan nantinya," pungkasnya.

Di penghujung acara diberikan, penggiat Sinabung memberikan penghargaan kepada 49 orang yang diserahkan Bupati Karo di dampingi Efendi Hansen kepada Brigjen Pol Ricky Wakanno dan Iwan Mahatirta, pemerhati Gunung Sinabung, dilanjutkan suguhan pemutaran slide foto PPBS selama kegiatan misi kemanusiaan pasca erupsi Gunung Sinabung di videotron.

Turut hadir dalam acara ini ketua kehormatan Abadi Guang lien, Bapak Yusuf Hamdanu, penasehat PPBS Irjen Pol (purn) Sadar Sebayang, Brigjen pol Ricky Wakano Ginting, Yukwen Wayong Ketua Moderamen GBKP Pdt. Agustinus Purba, MTh.Ketua TP PKK kab karo Ny Sariati Terkelin Brahmana, Kadis pendidikan kab karo Eddi Surianta surbakti, Camat berastagi Mirton Ketaren, warga Tionghoa berastagi, Tebing Tinggi, Siantar, padang Sidempuan, Binjai, Medan, dan warga Negeri china.