SERDANG BEDAGAI - Satpol Air Polres Serdang Bedagai melaksanakan patroli rutin di seputaran perairan Krumbuk dan Sentang wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, untuk memberikan imbauan dan pengawasan maupun monitor aktivitas nelayan. Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu(9/10) sekira pukul 09.00 dengan menggunakan sarana kapal patroli KP II-2029 oleh Capt Miswadi dipimpin langsung Kasat Polairud Iptu Candra T Situmorang.

Dalam kesempatan ini, Kasat Polairud Iptu Candra Sitomurang kepada Gosumut, Kamis(10/10) mengatakan untuk melakukan patroli sekaligus pengawasan di perairan dan memonitor aktifitas nelayan tradisional serta memberikan kepada nelayan tradisional. Bila mana melihat pukat tarik agar tidak melakukan tindakan anarkis atau main hakim sendiri.

"Sampai saat ini kapal pukat trawl pagurawan terpantau nihil, bilamana ditemukan agar diarahkan ke tengah. Saat melakukan patroli sekaligus memonitor situasi perairan, kami melakukan pemeriksaan kapal nelayan GT 4 jaring gembung tanpa nama dan tanpa surat nahkoda dan tidak dilengkapi alat keselamatan," bebernya.

Maka dari itu, pihaknya memberikan penekanan agar melengkapi segala kekurangan.

"Dan bilamana ditemukan kembali akan kami hentikan dan tidak diijinkan melaut demi keselamatan dan kebaikan bersama," ujarnya.

Selanjutnya, kata Iptu Candra Sitomurang kita kembalikan menemukan KM Elang Laut GT. 14 dan dilakukan pemeriksaan kelengkapan surat surat dan alat keselamatan, namun dalam pemeriksaan semuanya lengkap. Kemudian kami memberikan himbauan kamtibmas.

"Dari hasil pemeriksaan kita tidak ada menemukan barang barang terlarang dan selanjutnya berihkan arahan binluh tentang kamtibmas dan keselamatan berlayar, jika menarik jangan terlalu ke pinggir ini untuk mengantisipasi konflik antar nelayan tetap menjaga keharmonisan. Bilamana cuaca kurang baik agar kembali jangan memaksakan berlayar utamakan keselamatan," ungkap Kasat Pol Air Iptu Candra T Sitomurang.