ASAHAN-Pembukaan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) PMR-PMI Provinsi Sumatera Utara-IV 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Bola Bunut, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan dibuka secara resmi oleh Asisten I Pemerintahan Setdaprov Sumatera Utara, Rabu, (2/10/2019).

Kegiatan pembukaan Jumbara PMI dan PMR Provinsi Sumatera Utara-IV 2019 ini dimeriahkan dengan defile yang diikuti oleh 25 kontingen berjumlah 1.725 orang yang terdiri dari 19 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara dan 1 Kota dari luar Provinsi Sumatera Utara yakni Kota Lhoksmawe Provinsi Nanggore Aceh Darusalam.

Ketua Panitia Dr. M. Fitri Ramadhana SE MSi pada laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Jumbara PMI dan PMR Provinsi Sumatera Utara-IV 2019 ini diadakan selama 6 hari yang dimulai sejak tanggal 1 hingga 6 Oktober 2019.

Diakhir laporannya Ketua Panitia mengucapkan terima kasih Kepada Asisten I Pemerintahan Setdaprov Sumatera Utara, Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara, Bupati Asahan, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Kasdim 0208 Asahan, PT Bakrie Kisaran, OPD, OKP dan tamu undangan yang telah hadir dalam pembukaan Jumbara PMI dan PMR Provinsi Sumatera Utara-IV 2019.

Sementara Ketua PMI Kabupaten Asahan Armen Margolang, SP mengatakan pada sambutannya, dengan kegiatan Jumbara PMI dan PMR Provinsi Sumatera Utara-IV 2019 ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota/kader PMI dan PMR yang ada di Sumatera Utara.

Beliau juga mengatakan, selaku tuan rumah dalam pelaksanaan Jumbara ini akan menjadi tuan rumah yang baik dan akan meninggalkan kesan yang indah bagi para peserta Jumbara.

Kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten Asahan, Armen mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan kepada PMI dan PMR khususnya PMI dan PMR Kabupaten Asahan.

Kemudian Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam sambutannya mengucapkan Selamat datang dan terima kasih kepada Wakil Gubernur Sumatera Utara maupun yang mewakili karena telah hadir di Kabupaten Asahan. Selain itu tu mengucapkan terima kasih kepada PMI pusat maupun Febri provinsi yang telah memilih Kabupaten Asahan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Jumbara IV PMR-PMI tingkat Provinsi Sumatera Utara.

"Tema kegiatan Jumbara kali ini adalah 'menempah generasi emas PMI Sumut yang berkompetensi berkarakter' melalui kegiatan ini diharapkan akan lahir relawan-relawan muda PMI yang memiliki karakter dan kompetensi yang handal. Sebutnya.

Surya berharap, dengan adanya Jumbara ini dapat menimbulkan bibit generasi emas yang potensial baik dari segi ilmu pengetahuan, kemampuan maupun keimanan yang kokoh kepada Allah SWT.

Ditempat yang sama Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Rahmat Shah dalam sambutannya mengatakan Bahwa PMI sangat menghargai dan memberikan apresiasi terhadap para anggota palang merah remaja yang telah bergabung sebagai anggota PMI serta mendidikasikan dirinya dalam bentuk kerja kemanusiaan sebagai wujud dari Tri bakti palang merah remaja.

"untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai relawan masa depan dan menambah karakter anggota palang merah remaja tersebut maka dibutuhkan berbagai upaya yang harus dilakukan salah satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan jumpa bakti gembira PMI di berbagai level termasuk provinsi," tuturnya.

Setelah mengakhiri sambutannya Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara, Asisten I Pemerintahan, Bupati Asahan dan Ketua PMI Kabupaten Asahan menyerahkan tenda bantuan dari PMI Kabupaten Asahan secara simbolis kepada sekolah-sekolah PMR se-kabupaten Asahan (Sekolah yang menerima secara simbolis Mas Daerah Simpang Empat) sekaligus menyerahkan hadiah kepada Bayu Putra Hamdala (PMR Unit 054 SMK Negeri 1 Beringin Deli Serdang) sebagai pemenang logo PMI.

Selanjutnya Wakil Gubernur Sumatera Utara dalam pidato tertulisnya yang disampaikan oleh Asisten I Pemerintahan Setdaprov Sumatera Utara Drs. Jumsadi Damanik, SH, MHum pada saat menjadi Pembina Upacara Pembukaan Jumbara PMI dan PMR Provinsi Sumatera Utara-IV 2019 menyampaikan bahwa palang merah remaja (PMR) adalah wadah pembinaan dan pengembangan bagi anggota remaja PMI.

"Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana, sekaligus juga berfungsi mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI," terangnya.

Pada upacara pembukaan Jumbara ini Pembina Upacara menyematkan tanda peserta Jumbara PMR dan PMI Provinsi Sumatera Utara-IV 2019.

Diakhir Kegiatan Asisten I Pemerintahan Setdaprov Sumatera Utara, Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara, Bupati Asahan, Ketua PMI Kabupaten Asahan dan tamu undangan melakukan pelepasan balon menandakan pembukaan Jumbara PMI dan PMR Provinsi Sumatera Utara-IV 2019.*