LABUHANBATU - Polres Labuhanbatu melaksanakan acara perpisahan kepada mantan Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang yang akan bertugas di Polda Jambi dengan jabatan Wadir Pam Obvit, Sabtu (28/9/2019) malam. Dalam perpisahan ini, ditayangkan kembali perjalanan singkat AKBP Frido Situmorang sejak memimpin Polres Labuhanbatu. Tak sedikit penayangan kisah ini membuat seluruh hadirin larut dalam kesedihan sekaligus terharu bahagia, karena sosok AKBP Frido Situmorang sangat begitu dekat dengan masyarakat Labuhanbatu, baik tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintahan dan seluruh elemen masyarakat.

Beberpa kisah yang ditayangkan antara lain hadirnya AKBP Frido yang menemui masyarakat yang membutuhkan bantuan, langsung ikut mengevakuasi korban kecelakaan, turun menyelam mencari korban tenggelam, mendorong mobil yang terperangkap banjir, ikut membawa air untuk memadamkan api kebakaran lahan, membantu kaum dhuafa, membantu anak yang sakit kanker, membiayai anak yang kurang mampu (Eci Salsalina) dan lain - lain.

Mewakili tokoh masyarakat dan tokoh agama, H.Yursalim menyampaikan bahwa kepemimpinan AKBP Frido Situmorang mampu mengayomi seluruh elemen masyarakat.

"Walaupun situasi yang rawan karena pemilu, namun Pemilukada Labuhanbatu tetap aman dan kondusif, dan saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Frido," jelasnya.

Mewakili personel Polres Labuhanbatu, Aiptu Heri mengucapkan terimakasih kepada AKBP Frido Situmorang yang selama ini telah menjadi pemimpin yang mampu mengayomi personel maupun masyarakat.

"Selamat berugas di tempat baru Bapak AKBP Frido dan selamat datang kepada Bapak AKBP Agus Darojat. Kami siap menunggu perintah dan siap mendukung segala programnya," tegas Aiptu Heri.

Ucapan selamat juga datang dari Bupati Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimuthe. Mewakili pemerintah dan masyarakat, Andi mengucapkan selamat datang kepada AKBP Agus Darojat dan ucapan terimakasih kepada AKBP Frido Situmorang yang telah berbuat banyak di Labuhanbatu.

"Bapak Frido Situmorang ini sangat luar biasa, segala perbuatan yang dilakukannya sangat tulus untuk bagi masyarakat Labuhanbatu. Saya secara pribadi, sebagai muslim belum tentu sanggup berbuat seperti yang dilakukan Bapak Frido. Kami masyarakat Labuhanbatu merasa kehilangan dan kami akan tetap mendoakan Bapak Frido yang pindah ke Kota Jambi agar tetap sukses dalam menjalankan tugas," harap Bupati Labuhanbatu.

Demikian juga dengan Bupati Labuhanbatu Utara yang diwakili Wabup Dwi Prantara. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada AKBP Frido Situmorang yang selama ini telah bersama - sama dan bekerja sama yang baik dalam memberikan keamanan di Kabupaten Labuhanbatu Raya.

"Selamat datang kepada Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat dan selamat bertugas di Jambi kepada Bapak AKBP Frido Sitomorang," timpal Bupati Labuhanbatu Selatan H.Wildan Tanjung.

"Melihat cuplikan foto - foto dan video yang ditayangkan dari tadi kisah Pak Frido Situmorang, membuat saya sedih terharu dan bahagia juga," jelas H.Wildan.

Pada sambutannya, Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat memohon dukungan dari unsur Forkopimda dan seluruh pemerintahan Labuhanbatu Raya, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Karena tanpa dukungan bapak ibu, saya tidak dapat berbuat apa - apa, karena kami juga memiliki keterbatasan," ucap AKBP Agus Darojat.

Sementara itu, AKBP Frido Situmorang mengakui begitu banyak kasus perkara di Polres Labuhanbatu selama dirinya menjabat dan tidak selesai karena kurangnya alat bukti.

"Dan kita upayakan penyelesaian melalui jalur mediasi dan selama saya menjabat semakin hari semakin berkurang," tandasnya.

Berbagai program pun telah diperbuatnya demi kebaikan seluruh warga di Kabupaten Labuhanbatu Raya termasuk sosialisasi untuk menurunkan tingkat kecelakaan dengan menyebarkan spanduk/baliho di daerah rawan kecelakan seperti gambar - gambar korban laka, pocong, mobil patroli.

"Dan tingkat kecelakaan pun berkurang dan ada kecelakaan tetap ada, karena wilayah Labuhanbatu daerah pertengahan menuju Riau, Jambi bahkan Pulau Jawa dengan tingkat kelelahan yang tinggi," bebernya.

Selama menjabat, AKBP Frido juga dikenal tegas terhadap anggota Polri. Bagi yang melanggar peraturan, akan berakhir pada pemecatan.

AKBP Frido juga berpesan kepada seluruh anggota Polri yang bertugas di Polres Labuhanbatu supaya tetap menjaga marwah sebagai anggota Polri, karena kehadiran Polri sangat dibutuhkan masyarakat.

"Saya sebenarnya susah senyum, tetapi selama di Labuhanbatu karena selalu langsung bersentuhan dengan masyarakat dan selama di Labuhanbatu, saya sudah bisa tersenyum dan sifat ego saya pun semakin kecil," terangnya.

AKBP Frido Situmorang juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati yang telah mendukung segala fasilitas pembangunan Polres Labuhanbatu seperti, lapangan tembak, ruang serba guna, ruang tunggu dan lain - lain.

"Saya bersyukur, di akhir jabatan saya ada tambah anak saya satu lagi yaitu Eci Salsalina Br Sirait dan saya akan bawa dia ke Jambi dan akan saya sekolahkan sampai kuliah," jelas Frido Situmorang.

Di akhir sambutannya, AKBP Frido Situmorang memunculkan tiga gambar rumah yang layak direhab, karena bocor yakni rumah Herik, Sitorus dan Siregar dengan memberikan bantuan.

"Dan bagi teman - teman yang tidak dapat saya bantu, saya mohon maaf karena keterbatasan kemampuan yang saya miliki. Kalau ada rejeki di lain waktu, saya akan bantu," harap AKBP Frido Situmorang.

AKBP Frido Sitomorang juga memberikan cendera mata kepada Bupati Labuhanbatu, Bupati Labuhanbatu Selatan, Bupati Labuhanbatu Utara, Ketua MUI, Dandim 0209 Labuhanbatu, Ketua Pengadilan Negeri Rantauprapat, Kajari Labuhanbatu Selatan, Ketua BKAG, Majelis Budayawan Nasional.

Di akhir acara, tokoh agama, tokoh masyarakat dan berbagai komunitas memberikan cendera mata kepada kepada AKBP Frido Situmorang sebagai ucapan terimakasih dan tanda kenang-kenangan.

Acara perpisahan dengan AKBP Frido Situmorang ini dihadiri Bupati Labuhanbatu, Bupati Labuhanbatu Utara, Bupati Labuhanbatu Selatan, Dandim 0209 Labuhanbatu, Ketua DPRD Labuhanbatu, Ketua DPRD Labuhanbatu Setatan, Ketua DPRD Labuhanbatu Utara, Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat, Ketua Pengadilan Rantauprapat, Kajari Labuhanbatu, Kajari Labusel, Perwakilan Perusahan Perbankan, Perwakilan Perusahaan Perkebunan, Perwakilan Perusahaan PMKS, Sekdakab Labuhanbatu, Waka Polres Labuhanbatu, Seluruh Kapolsek Se Labuhanbatu Raya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama LSM dan Insan Pers.