SERDANG BEDAGAI-Dinas Pendidikan bekerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, membagikan masker secara gratis untuk tingkat pelajar sekolah sebagai langkah antisipasi dampak kabut asap yang makin menyelimuti daerah ini.

Adapun pembagian masker terdiri kepada tingkat pelajar SD dan SMP di Kecamtana Sei Rampah dan Kecamatan Teluk Mengkudu, sebanyak 1000 masker yang telah di bagikan kepada seluruh Siswa-siswi.

"Pembagian masker untuk saat ini kami fokuskan pada seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai, sebagai langkah antisipasi terhadap dampak kabut asap Kebakaran hutan dan lahan(Karhutla) di wilayah propinsi Riau," kata Kepala Disdik Serdang Bedagai, Drs. Joni Walker Manik MM, Selasa(24/9/2019).

Menurutnya, hal ini untuk menjalin silaturahmi kunjungan rombongan Disdik Seragam bersama Kadis Kesehatan dalam rangka meninjau langsung ke sekolah guna memantau dampak kabut asap yang dialami saat ini. Sehingga pembagian masker gratis kepada pelajar dan guru guna mengantisipasi Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) serta polusi udara lainnya.

"Sebanyak 1000 masker yang telah kita bagikan terhadap dua sekolah. Kita juga menghimbau kepada seluruh pelajar untuk menghindari aktifitas diluar rumah dan tetap kenakan masker dan hasil pantauan pelajar masih diperkenankan sekolah terlebih baru turun hujan. Namun jika dalam dua hingga tiga hari kedepan kabut asap kian parah maka akan kita pertimbangkan untuk libur, itupun harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan bapak Bupati dan Wakil Bupati Sergai,"ujar Joni Walker Manik.

Untuk itu, lanjut Joni melalui Kabid SMP dan Kabid SD menghimbau kepada seluruh Kepala SD dan SMP di Sergai agar peserta didiknya diupayakan mengenakan masker serta mengurangi aktifitas diluar rumah.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Sergai dr Bulan Simanungkalit mengatakan bahwa penyuluhan Ispa dan membagikan masker di hadapan pelajar dan memperagakan cara memakai masker yang benar.

Begitu juga dirinya menyampaikan pentingnya memakai masker guna mencegah polusi udara terlebih pada saat terjadinya kabut asap, karena polusi udara dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Sementara itu, seluruh per puskesmas se-Sergai juga telah membagikan masker gratis baik tingkat pelajar maupun masyarakat yang kurang lebih 3000 masker.

Dalam kunjungan pertama di sekolah SDN 102041 Firdaus Kec Sei Rampah dan melanjutkan mengunjungi SMPN I Teluk Mengkudu Kec.Teluk Mengkudu. Turut hadir Kadisdik Drs Joni Walker Manik MM didampingi Kabid SD Drs Jon Lukman MM, Kabid SMP Sugianto SPd, Kabid PTK Pujiono S.Sos bersama Kadis Kesehatan Sergai dr Bulan Simanungkalit yang disambut Kepala SDN 102041 Firdaus Riana Sihombing SPd (Korwil Sei Rampah), para Pengawas dan guru SDN 102041dan Kepala SMPN I Teluk Mengkudu Kabul Sutrisno SPd dan para guru serta ratusan pelajar SMP setempat.*