Alokasi Dana Desa Tahap II Nagori Pinang Ratus Untuk Penambahan Gizi Lansia dan Balita

Alokasi Dana Desa Tahap II Nagori Pinang Ratus Untuk Penambahan Gizi Lansia dan Balita
Jum'at, 20 September 2019 17:49 WIB
Penulis: Firma Simbolon
SIMALUNGUN-Pemerintah Nagori Pinang Ratus Kecamatan Jorlang hataran mengalokasi sebagian Dana Desa Tahap II untuk Bidang Pemberdayaan yakni penambahan gizi bagi lansia dan balita.

Hal tersebut disampaikan Pangulu (Kepala Desa) Nagori Pinang Ratus Zulkifli Pane saat acara pembagian susu anlene serta kacang hijau bagi ratusan lansia di Kantor Pangulu, Jumat (20/9/2019) sekira pukul 10.00 WIB.

Zulkifli mengatakan sesuai hasil musyawarah desa dan ditampung di Anggaran Pendapatan Belanja Nagori (APBNag) Dana Desa tahun 2019 tidak hanya pada kegiatan fisik seperti infrstruktur, namun juga untuk bidang pemberdayaan. "Penambahan gizi bagi lansia dan balita merupakan program Posyandu disetiap Nagori untuk memperhatikan kondisi kesehatan khususnya lansia dan balita, "ungkapnya.

Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Jorlang hataran untuk Nagori Pinang Ratus Budi Nasution menuturkan Program Dana Desa saat ini tidak lagi hanya untuk kegiatan infrastruktur namun sebagian sudah dialokasikan untuk bidang pemberdayaan sesuai kebutuhan di desa dan ditampung di APB Nagori, agar manfaat Dana Desa itu dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.
Ads

Sementara itu Andi Surya Putra dari pihak PT Fontera sebelum pembagian susu Anlene bagi lansia terlebih dahulu mengadakan senam bersama serta memberikan edukasi kepada para lansia seperti cara penyajian serta benefit (manfaat) susu Anlene."Selain senam dan mengedukasi lansia terkait manfaat susu anlene, kita juga tadi menjawab beberapa pertanyaan para orangtua terkait kesehatan serta cek omron (body age) kita lakukan, "tandas Andi.

Sekretaris Desa Nagori Pinang Ratus Jerni Pane mengatakan sebanyak 324 lansia penerima manfaat mendapatkan 1 kotak susu anlene ukuran 250 gram serta kacang hijau, dimana sumber dana dari dana desa tahap II. "Untuk Balita kemungkinan minggu depan akan kita bagikan, saat ini masih melakukan pendataan balita oleh kader Posyandu, "ujarnya.*
wwwwww