TOBASA-Untuk Tahun 2019 PT.TPL,Tbk penghasil bubur kertas (Pulp) yang beroperasi di desa Sosorladang Kecamatan Parmaksian Kab.Toba Samosir-Sumut memberikan bantuan Peningkatan pembangunan jalan Desa di beberapa desa seKabupaten Tobasa.

Program Peningkatan Pembangunan jalan desa tersebut salah satunya di terima oleh Desa Longat Kecamatan Balige dari PT.TPL,Tbk untuk peningkatan pembangunan Jalan Desa Longat di Dusun 2 Sosordolok Tolong sepanjang 433 Meter menghubungkan Dusun 1 Huta Longat Desa Longat Balige.

Kepala Desa Longat sebelum acara serah terima kepada Gosumut menjelaskan bahwa Jalan desa sepanjang 433 Meter yang pengerjaannya di laksnakan oleh mitra Usaha PT.TPL,Tbk melalui tender perusahaan adalah merupakan akses jalan utama desa ke ruas Jalan Negara Lintas Sumatera secara khusus ke ibu kota Kecamatan dan Kabupten.

Serah terima jalan oleh Pihak PT.TPL,Tbk kepada Desa Longat yang diterima langsung oleh Kepala Desa Hasudungan Siahaan (67) dilaksanakan di Kantor Desa Longat Selasa, (3/9/2019) dihadiri KAUR Desa Jonni Siahaan, Bendahara Desa Abdul Manullang dengan disaksikan oleh anggota DPRD Kab.Tobasa Pagar Tua Siahaan sebagai saksi dan Resman Marpaung yang juga mewakili perusahaan CV.Toba Vulkanisir Ban pemenang tender pembangunan jalan Desa Longat sebagai mitra usaha PT.TPL,Tbk.

Staf Officcier CD (Comunity Deflopmend) Titi Zultia bersama dengan staf bagian Humas Perusahaan Ramson Simamora dan Indra Sianipar perwakilan Perusahaan menyerakan jalan Desa Longat sepanjang 433 Meter yang telah selesai di kerjakan pembangunannya oleh rekanan perusahaan PT.TPL,Tbk yakni CV.Toba Vulkanisir Ban.

Penyerahan langsung diterima oleh Kepala Desa Longat Kec. Balige Hasudungan Siahaan (67) dengan disaksikan oleh Anggota DPRD Kab.Tobasa Pagar Tua Siahaan dengan menanda tangani dokumen berita acara serah terima dari Perusahaan PT.TPL,Tbk kepada Pemerintahan Desa Longat Kecamatan Balige.

Penanda tangan dokumen serah terima mewakili PT.TPL,Tbk adalah Staf Officcier CD (Comunity Deflopmend) PT.TPL,Tbk Titi Zultia dari Bagian Humas perusahaan di wakili oleh staf bagian Humas Perusahaan Ramson Simamora dan diterima serta ditandangani oleh Kepala Desa Longat Hasudungan Siahaan (67) sebagai saksi adalah Pagar Tua Siahaan Anggota DPRD Kabupaten Toba Samosir.

Kepada Wartawan Zultia menjelaskan, pelaksanan pembngunan jalan desa ini menggunakan Dana CD/CSR perusahaan PT.TPL,Tbk sebesar Rp.170.500.000,00.- (Seratus Tujupuluh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) untuk panjang jalan sepanjang 433 Meter dengan Lebar 3 Meter. "Bantuan ini adalah Pembangunan peningkatan jalan Desa yang menghubungkan dusun 1 Longat dengan Dusun 2 Sosordolok Tolong desa Longat Kecamatan Balige," ungkapnya kepada Wartawan.

Dijelaskannya, Pemberian Bantuan berkat pengajuan proposal permohonan Bantuan oleh Kepala Desa Longat untuk pembangunan peningkatan jalan Desa yang disampaikan oleh Anggota DPRD Toba Samosir Pagar Tua Siahaan.

"Setelah dilakukan pengecekan oleh tim verifikasi dari perusahaan dinyatakan desa Longat Kecamatan Balige layak mendapatkan bantuan dari perusahaan untuk pembangunan peningkatan jalan desa," jelas Zultia.

Pagar Tua Siahaan sebagai saksi penyerahan jalan yang juga Anggota DPRD Tobasa kepada Wartawan menjelaskan, pengajuan proposal permohonan bantuan pembangunan peningkatan jalan kepada PT.TPL, Tbk mengingat Dana APBD Kab,Tobasa yang kurang mencukupi untuk merealisasikan pembangunan jalan di desa Longat untuk Anggaran Pembangunan TA - 2019.

Hal tersebut dikarenakan Anggaran dana APBD TA- 2019 sudah banyak terserap keberbagai program pembangunan yang sudah terencana dan terjadwal oleh Pemerintah Daerah Toba Samosir.

"Melihat kondisi jalan Desa di desa Longat ini sudah harus secepatnya di bangun karena sudah kupak kapik dan mengancam keselamatan pengguna jalannya dimana jalan tersebut adalah merupakan jalan akses utama desa yang sekaligus juga adalah jalan penghubung desa dengan ibu kota kecamatan dan Kabupaten,"ungkapnya.

"Berdasarkan hal tersebut, pada Tahun 2018 yang lalu kita ambil inisiatif bekerja sama dengan pemerintahan desa Longat secara khusus kepada Kepala Desa supaya mengajukan proposal permohonan bantuan untuk pembangunan peningkatan jalan Perdesaan di desa Longat Balige kepada PT.TPL,Tbk dan ternyata di setujui dan direalisasikan oleh Perusahaan serta pembangunannya sudah terealisasi dan hari ini kita lakukan serah terimanya. Dengan ini, saya ucapkan terima kasih kepada pimpinan perusahaan PT.TPL,Tbk yang telah merespon dan merealisasikan permohonan warga desa Longat Kec.Balige untuk pembangunan peningkatan jalan Desa Longat sepanjang 433 Meter," jelas Pagar Tua.

Kepala Desa Longat Hasudungan Siahaan (67) dalam sambutannya mewakili warga desa Longat Kecamatan Balige mengucapkan terima kasih atas bantuan PT.TPL,Tbk yang telah merealisasikan permohonan warga desanya untuk membangun Jalan Desa Longat sebagai jalan akses utama desa yang menghubungkan kedua Dusun. "Dan jalan tersebut adalah jalan utama desa yang menghubungkan ibu Kota Kecamatan dan Ibu Kota Kabupaten ke Desa Longat," tutur Kepala Desa.*