NISEL- Puluhan warga Desa di Kecamatan Mazino yakni Desa Hilinawalo Mazino, Hililaza Hilinawalo Mazino, Hilizoroilawa dan Hilifondrege melakukan gotong royong untuk membuat jembatan darurat dari batang kelapa pasca putusnya badan Jalan dekat jembatan Bailey sungai Idanolawa yang menghubungkan 4 Desa itu menuju Kota Telukdalam Kabupaten Nias Selatan pada Sabtu, (24/8/2019).

Hal ini disampaikan Tokoh Pemuda Hililaza Hilinawalo Mazino Herman Halawa lewat pesan Whatsapp, Sabtu, (24/8/2019). Herman menyebutkan, sekitar puluhan warga dari 4 Desa melakukan Gotong Royong dengan membuat jembatan darurat antara Jembatan Idanolawa yang nyaris putus dengan badan jalan yang putus diterjang banjir.

"Kami ada 4 Desa bergotoroyong membuat jembatan darurat dari batang kelapa agar dapat dilewati warga penjalan kaki. dan kami berusaha supaya jembatan darurat itu juga nantinya dapat dilalui kendaraan roda dua,"pungkasnya.

Ia juga berharap agar Pemerintah Daerah Nisel segera melakukan penanganan sehingga akses penghubung utama 4 Desa itu menuju Kota Telukdalam dapat dilalui kembali secara normal.

Diberitakan sebelumnya, sepanjang kurang lebih 5 meter badan jalan dekat jembatan Bailey Sungai Idanolawa Desa Hililaza Hilinawalo Mazino Kecamatan Mazino, putus pada Sabtu, (24/8/2019) subuh disebabkan oleh banjir yang melanda wilayah itu.

Akibat hal itu, akses jalan penghubung utama 4 Desa Menuju Kota Telukdalam Kabupaten Nias Selatan itu lumpuh dan bahkan para pelajar tingkat SMP, SMA dan SMK yang hendak sekolah pada pagi itu terganggu karena tidak dapat melewati jalan tersebut.

Tak hanya itu, kondisi jembatan bantuan dari Singapur Red Cross pasca bencana Gempa 2005 lalu itu, kondisinya nyaris putus. Jika tidak ditangani secepatnya, maka diprediksi akan amblas sehingga dapat melumpuhkan pergerakan ekonomi masyarakat 4 Desa itu.*