TOBASA-Guna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Petani Desa oleh Dinas Ketapang Tobasa Bina Kelompok Tani dengan Low Budget Natural Farming (LBNF) menciptakan sendiri Pupuk dan Pestisida Cair menuju Pertanian Selaras Alam, Berbiaya Murah.

Dengan program tersebut Dinas Ketahanan Pangan Tobasa lakukan pembinaan pembuatan Pupuk dan Pestisida Organik Cair dengan berbahan dari Kotoran dan Urin Ternak serta dedaunan alamiah di dusun Sosornauli desa Sionggang Tengah Kec.Lumbanjulu kamis, (22/8/2019) disebut dengan Low Budget Natural Farming (LBNF) dan Rembuk Tani.

Kegiatan pelatihan dan Rembuk Tani ini di ikuti oleh Kelompok Tani Pelita, warga masyarakat desa Sionggang Tengah Kecamatan Lumbanjulu dengan tujuan Pertanian selaras alam berbiaya murah, dengan pembuatan pupuk dan Pestisida organik Cair berbahan baku dari alam lingkungan sekitar.

Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Tobasa melalui Kelompok Tani Pelita Desa Sionggang Tengah dengan Ketua kelompok Rizal Tulus Hutahean (45), sekretaris Manahan Marpaung dengan kepala Desanya Dolok Jekson Manurung melakukan pembinaan untuk menciptakan Pupuk dan Pestisida Organik Cair guna meminimalisir penggunaan pupuk Kimia.

Bertindak sebagai tutor untuk Pembuatan Pupuk dan Pestisida Organik Cair kepada masyarakat dan anggota kelompok Kadis Ketapang Darwin Sianipar yang didampingi oleh PPL Kecamatan Lumbanjulu Albiner Sianipar,SP.

Dijelaskan Kadis Ketapang, Sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi dan Pembinaan untuk pembuatan pupuk dan pestisida cair organik di desa Lumban Pea Balige dengan Kelompok Tani Sepakat, Desa Hutapining Ajibata Kelompok Tani Tunas Baru, Desa Siraja Gorat Laguboti Kelompok Tani Marsiurupan dan Desa Motung Ajibata dengan kelompok Tani Saurdot.

Lanjut Kadis, untuk tahapan selanjutnya direncanakan dalam pelaksanaan sosialisasi akan dilaksanakan dengan Perdapil (Perdaerah Pemilihan) mengikuti dan mendukung program pembangunan Anggota DPRD masing masing Dapil untuk menunjang peningkatan hasil pertanian masyarakat desa di masing masing Dapil.

Dengan diadakannya sosialisasi dan pelatihan cara pembuatan Pupuk dan Pestisida Cair Organik supaya masyarakat beralih penggunaannya dari pupuk Kimia ke pupuk Organik dan menghasilakan Tanaman sayuran dan Buah buhan hasil pupuk Organik bukan Kimia.*