PORSEA - PT. Toba Pulp Lestari, Tbk. mempunyai komitmen dalam menjaga lingkungan di sekitar kawasan Danau Toba, dengan menjaga IPAL (Instalasi Pengelola Air Limbah) yang sudah profesional.

Hal itu diungkapkan oleh Komisaris Utama PT. Toba Pulp Lestari (PT. TPL), Ignatius Ari Djoko Purnomo saat menerima kunjungan para jurnalis yang ada di Sumatera Utara di Komplek kawasan PT. Toba Pulp Lestari, Tbk.

“Kami akan selalu menggadeng masyarakat terutama stakeholder dalam menjaga Kawasan Danau Toba, dan tentunya perusahaan tidak mau ada konflik,” ungkapnya yang didampingi Komisaris Indenpenden, Togu Manurung dan Environment Manager Jekson Sinurat.

Ia juga menjelaskan bahwa posisi kawasan Danau Toba mempunyai jarak sekitar 6 hingga 7 kilometer, serta aliran limbah yang sudah aman dialirkan ke sungai Asahan.

“Secara logika letak geografis Danau Toba dengan TPL cukup jauh. Memang kita (TPL) berada di sekitar wilayah Danau Toba. Tapi geografisnya sangat berjauhan dengan Danau Toba. Operasional TPL lebih dekat dengan aliran Sungai Asahan,” jelasnya.

Dijelaskannya juga, bahwa PT Toba Pulp Lestari Tbk adalah perusahaan global menghasilkan pulp. dengan visi dalam mendirikan, melaksanakan dan mengembangkan konsesi industri kehutanan dan industri untuk mendukung bahan baku membangun dan pasar semua produk terdiri dari bahan bahan tersebut.*