TOBASA-Upacara Peringatan dan Perayaan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) berlangsung semarak dan khidmat.

Upacara dan Peringatan HUT RI Ke - 74 dilaksanakan di Lapangan Sisingamangaraja XII Balige, Sabtu pagi (17/8/2019), dihadiri berbagai undangan dari kalangan Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat dan para unsur Forkopimda Kabupaten Toba Samosir serta diikuti dan dihadiri ribuan masyarakat yang ikut serta menyaksikan jalannya Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 tersebut.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian untuk pembaca teks Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Kab.Tobasa Toni Simanjuntak.Pada pelaksanaan perayaan dan peringatan HUT RI Ke - 74 tingkat Tobasa turut serta dihadiri Wabup Ir.Hulman Sitorus, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), TNI/POLRI, Ketua TP PKK dan jajaran, Dharmawanita, Pimpinan OPD, ASN, pelajar TK/PAUD, SD/SMP, SMA/SMK, Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta Ormas/OKP dan elemen masyarakat lainnya.

Sebelum pembacaan Teks Proklamasi tepat pukul 10.00 WIB acara didahului dengan bunyi suara serene yang diikuti dengan tembakan salvo yang digelar oleh Pasukan TNI AD Kompi Senapan - A Simbisa Tobasa.

Usai bunyi sirene dan dentuman tembakan salvo Wakil Ketua DPRD Toni Simanjuntak membacakan teks Proklamasi, dilanjutkan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Petugas Paskibra Kabupaten Tobasa, binaan Pabung Mayor Henry Hutabarat bersama Danramil 17 Balige Kapten (Inf) Poltak Pardede dan guru-guru Olahraga Kabupaten Tobasa.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) berjumlah 40 orang terdiri dari 30 Laki-laki dan 10 Perempuan, dengan Pengibar Bendera pusaka Merah Putih, Priskiarti AG Siboro siswa kelas 2 SMA Bintang Timur 1 Balige, Felix G Tampubolon siswa kelas 2 SMAN 1 Laguboti, Turnam Purba siswa kelas 2 SMAN 1 Laguboti, dipimpin oleh Cuan Parasian Sinaga siswa kelas 2 SMKN 1 Balige.

Untuk Pembawa Baki Bendera, Reca MD Napitupulu siswa kelas 2 SMAN 2 Balige, disebelah kanan Rendy J Sibarani siswa kelas 2 SMAN 2 Balige dan disebelah kiri Rizky H Sitorus siswa kelas 2 SMAN 1 Silaen.

Pelaksanaan Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) Kab.Toba Samosir berjalan dengan baik, Aman dan lancar tanpa ada hambatan apapun. Usai upacara penaikan Bendera pada peringatan dan perayaan HUT RI dan detik-detik Proklamasi NKRI Ke - 74, Bupati Darwin Siagian, Wabup Hulman Sitorus dan Forkopimda langsung beranjak menuju panggung kehormatan di Jalan Patuan Nagari, yang sebelumnya sudah disiapkan panitia untuk menerima peserta pawai degan barisan drumband anak-anak didik dari sekolah TK/SD/SMP/SMA/SMK.

Untuk menyaksikan pawai pada perayaan HUT RI Ke - 74 Kab.Tobasa Ribuan masyarakat dari berbagai desa telah datang membanjiri sepanjang jalan raya kota Balige, nampak para warga yang hadir dengan antusiasnya menyaksikan barisan pawainyang menampilkan berbagai penampilan yang ditampilkan para peserta pawai dari berbagai baju khas daerah dan penampilan atraksi Drumb Band.

Selesai pawai, Bupati Darwin Siagian, Wabup Hulman Sitorus beserta ibu dan seluruh Forkopimda kembali ke Lapanganan Sisingamangaraja XII untuk menyaksikan beragam hiburan seni dan tari tarian budaya dari anak-anak didik TK/PAUD, SD dan SMP yang dirangkai dengan pemberian tali asih berupa sumbangan kepada seluruh peserta yang melakukan atraksi hiburan.*