NISEL-Persiapan pelaksanaan Sail Nias 2019 di Kabupaten Nias Selatan (Nisel) saat ini sudah mencapai 60 persen. Demikian disampaikan Bupati Nisel Hilarius Duha kepada wartawan usai kedatangan Ketua Umum Panitia Sail Nias 2019 Yasona H Laoly, Wagubsu dan rombongan saat meninjau lokasi progres persiapan event tersebut di Telukdalam, Senin, (19/8/2019).

"Perkembangan-perkembangan persiapan Sail Nias sudah mencapai 60 persen bahkan ada beberapa bidang pekerjaan dimana progresnya mencapai 80 persen,"pungkasnya.

Ia menyebutkan, bahwa Ketua Panitia Sail Nias akan berkunjung kembali ke Nisel untuk melakukan pengecekan perkembangan persiapan Sail Nias.

"Pembukaan puncak Sail Nias akan berlangsung di Pelabuhan Dermaga Telukdalam pada tanggal 14 September 2019,"tuturnya. Ia menjelaskan, beberapa pembangunan infrastruktur pendukung Sail Nias terus dikebut, seperti perbaikan Pelabuhan Dermaga Telukdalam, Pengaspalan beberapa ruas jalan, Pembenahan Pantai Sorake dan lainya.

Menurut dia, sejauh ini juga pengerjaan persiapan Sail Nias berjalan dengan baik tanpa ada kendala dan bahkan terus dikebut dan ada yang dikerjakan hingga malam.

"Ditargetkan pengerjaan persiapan acara skala internasional ini dapat selesai pada tanggal 4 atau 6 September sehingga tidak mengganggu kedatangan Presiden nantinya,"ujar Hilarius.

Mengenai kesiapan akomodasi perhotelan, Pihaknya juga telah menyampaikan kepada para pengusaha perhotelan yang ada di Nias Selatan terkait standarnisasi Hotel tujuannya agar para pengunjung yang datang dapat betah dan nyaman tinggal di Hotel dimana mereka menginap.

"Kita sudah panggil para pengusaha Hotel agar diperbaiki yang kurang, dijaga kebersihan sehingga para tamu dapat bertahan tinggal,"tukasnya.*