SIMALUNGUN-Dalam rangka merayakan dan memeriahkan peringatan HUT RI ke 74 masyarakat Nagori (desa) Panombean Huta Urung Kecamatan jorlang hataran Kabupaten simalungun Provinsi Sumatera Utara mengikuti lomba "Gapura Cinta Negeri " bertaraf nasional yang diadakan oleh Presiden RI Ir.Joko Widodo.

Kristianus Naibaho warga setempat sebagai penggerak masyarakat menuturkan harapan besarnya untuk kadi pemenang. "Dengan gelora semangat HUT RI ke 74 kami masyarakat mengikuti lomba Gapura Cinta Negeri yang diadakan oleh Presiden RI Ir.Joko Widodo dengan membuat gapura seindah dan sekreatif mungkin sehingga kami berharap nanti masuk nominasi dan menjadi pemenang. Masyarakat Nagori Panombean Huta Urung bahu- membahu dengan semangat gotong-royong membuat gapura dipintu masuk Nagori Panombean Huta Urung," ungkapnya kepada gosumut Rabu (14/8/2019).

"Selain berharap menjadi salah satu pemenang tujuan kami mengikuti lomba Gapura Cinta Negeri adalah untuk memupuk rasa cinta, semangat patriotisme dan jiwa nasionalisme kami kepada Negara Kesatuan Republik Indonesi(NKRI) serta mengenang jasa para Pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan Negara RI yang sangat kita cintai ini dimana tahun ini seluruh masyarakat Indonesia akan merayakan 74 tahun kemerdekaan RI. Selama kurang lebih 1 minggu kami mengerjakan pembuatan gapura ini dengan gigih dan bersemangat serta kreatifitas dari warga hingga gapura ini selesai kami kerjakan, "terangnya.

"Dalam pembuatan gapura ini kami menampilkan unsur Kebangsaan Indonesia dipadukan dengan unsur budaya batak toba dan Simalungun serta adat istiadat dan tradisi di daerah ini. Adapun unsur yang kami tampilkan pada gapura adalah, Lambang Garuda Pancasila serta berdera Merah Putih sebagai Lambang Negara RI,"ungkapnya.

Spanduk sepanjang 4 meter bertuliskan Diragahayu Repubilk Indonesia ke 74 dan Selamat Datang kepada Bapak Presiden RI Ir.Joko Widodo sera Wakil Presiden Drs. H.M Jusuf Kalla dan Luhut Panjaitan yang saat ini menjabat sebahai Menko Bidang Kemaritiman. "Beliau adalah putra Batak yang berperan aktif memperhatikan pemabangunan di tanah Batak, dan juga gambar Ir.Soekarno sebagai Bapak Proklamator dan Presiden RI 1, serta Ibu Megawati Soekarno Putri sebagai Presiden RI ke 5 dan merupakan putri dari sang Proklamator," ucap Kristianus dengan semangatnya.

"Selain itu dari unsur budaya kami memajang rumah adat batak toba dan simalungun dibagian atas gapura, serta ukiran gorga simalungun ditiang penyangga, memajang gambar Raja Sisingamangara XII yang merupakan Pahlawan Nasional dari suku batak, gambar sigale-gale yang merupakan seni tor-tor dari batak toba. Adapun tulisan Selamat Datang kepada Bapak Presiden RI Ir.Joko Widodo yakni kami berharap hasil karya yang kami buat dalam mengikuti fetival Gapura Cinta Negeri ini kami menjadi salah satu pemenang dan diundang ke Istana Negara dan suatu saat Bapak Presiden nanti berkunjung kedesa kami. Segala persyaratan sudah kami lakukan dan hasil karya kami sudah dikirim ke panitia lomba festival Gapura Cinta Negeri. Dengan semangat HUT RI ke 74 kami warga Nagori Huta Urung sangat berharap menjadi salah satu pemenangnya demi niat bertemu dengan Bpk.Presiden Jokowi," pungkas Kristianus.*