PALAS-Rasa kehilangan keluarga mulai menyelimuti warga Desa Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa ,Kabupaten Padang Lawas(Palas) menjelang berakhirnya pelaksanaan TMMD Reguler ke-105 Kodim 0212/Tapsel.

Salah satu warga, Purnama Siregar istri dari Sarindo Hasibuan mengungkapkan, perasaan akan kehilangan saudara dan atau keluarga semakin kita rasakan dengan akhir perpisahan prajurit TNI dengan kita warga didesa ini.

"Kehadiran prajurit TNi yang tinggal dirumahnya selama kegiatan TMMD ,sudah menjadi bahagian dari kehidupan keluarganya,dengan berat hati melepas kepergian mereka ,"tutur Purnama yang larut dalam suasana kehilangan ditinggal perpisahan oleh Prajurit TNI yang tergabung Satgas TMMD.

"Tak ingin rasanya melepas kepergian parjurit TNI. Rasa kekeluargaan yang sudah terjalin dengan baik menumbuhkan rasa seperti keluarga sendiri. Mereka (prajurit TNi -red) sudah seperti keluarga sendiri karena selalu ringan tangan membantu dalam segala hal apapun ,tidak segan dan sungkan membantu didapurpun mereka mau ,malah tidak petnah mengeluh,"sebut Purnama dan suaminya Sarindo.

Ketua BPD Desa Hutaraja Lamo Rahmad Al Amin mengungkapkan, jalinan persaudaraan antara warga dan para TNI Satgas TMMD yang sudah terjalin hampir satu bulan lebih yang membuat para warga mulai diselumuti rasa kehilangan menjelang berakhirnya TMMD.

''Tiap hari kami kerja bersama, ngobrol, saling tukar pengalamanan. Bahkan makan pun sering dilakukan bersama antara TNI dan warga. Wajar kalau kami merasakan kehilangan menyusul sebentar lagi para prajurit TNI anggota Satgas TMMD akan meninggalkan Desa Hutaraja Lamo , kembali ke kesatuannya masing-masing,'' paparnya ,Rabu(7/8/2019).

Sementara Tokoh Masyarakat Parlaungan Hasibuan menuturkan, kita tentu merasa kehilangan ,karena prajurit TNI ,telah banyak memberikan pelajaran berharga yang sebelumya tidak kita dapati. "Kepergian prajurit TNI dari desa Hutaraja Lamo ini banyak meninggalkan kesan dan kenangan yang menjadi ingatan karena dari merekalah kita banyak belajar tentang makna mencintai desa dan menghargai persatuan dan kesatuan," imbuhnya.*