Pemkab Asahan Serahkan BSPS Sebanyak 632 Kepada Masyarakat Pemilik RTLH

Pemkab Asahan Serahkan BSPS Sebanyak 632 Kepada Masyarakat Pemilik RTLH
Plt. Bupati Asahan H. Surya BSc saat meletakkan batu pertama disalah satu rumah masyarakat penerima BSPS
Selasa, 06 Agustus 2019 13:31 WIB
Penulis: Bayu Sahputra
ASAHAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kabupaten Asahan Tahun 2019 kepada 632 penerima bantuan yang memiliki Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta masyarakat kurang mampu di Kabupaten Asahan, Selasa (6/8/2019).

Kegiatan BSPS yang dipusatkan di Desa Sei Kamah II, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan itu hadiri oleh Plt. Bupati Asahan, Kepala SNVT Penyedian Perumahan Provinsi Sumatera Utara, Pimpinan BANK Mandiri, OPD, Camat, Kepala Desa Kecamatan Sei Dadap dan Masyarakat.

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Asahan M. AzmyIsmail AP, MSi bahwa penerima bantuan terdiri dari 7 Kecamatan yakni Kecamatan Air Batu, Sei Dadap, Bandar Pulau, Teluk Dalam, Pulau Rakyat, Rawang Panca Arga dan Sei Kepayang.

Disamping itu, Pimpinan Bank Mandiri Kisaran Dewi Riana mengatakan bahwa Bank Mandiri Kisaran siap dalam membantu program-program Pemerintah Kabupaten Asahan.

"Maka dari itu kami Bank Mandiri Kisaran membutuhkan bimbingan dan arahan dari Pemerintah Kabupaten Asahan dalam menjalankan program bantuan BSPS ini," ucap beliau.

Sementara Kepala SNVT Penyedian Perumahan Provinsi Sumatera Utara Naimul Ahmad Rangkuti berharap dengan bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan bagi penerima sehingga rumah rumah yang mendapatkan bantuan nantinya dapat menjadi rumah yang layak huni.
Ads

Beliau juga menghimbau kepada masyarakat nantinya dapat memberikan bantuan swadayanya dalam pengerjaan rumah layak huni yang ada disekitarnya.

Ditempat yang sama Plt Bupati Asahan H Surya BSc menyampaikan pidato tertulisnya bahwa pogram BSPS kini telah digulirkan di Kabupaten Asahan sejak tahun 2013 dan 2014 yang telah diberikan bantuan sebanyak 819 unit yang saat itu dilaksanakan oleh dinas sosial kabupaten Asahan.

H. Surya menjelaskan, sejak adanya Organisasi Perangkat Daerah, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman pada tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Asahan melalui program BSPS mendapatkan bantuan sebanyak 247 unit di 4 Kecamatan dan 9 desa pada tahun 2018 sebanyak 537 unit di 9 Kecamatan dan 24 desa dan pada tahun 2019 ini Kabupaten Asahan mendapatkan bantuan sebanyak 637 unit yang berada di 7 kecamatan.

"Program ini pada dasarnya merupakan stimulasi atau pendorong bagi warga kurang mampu agar memperbaiki rumah yang rusak ringan maupun rusak berat sehingga menjadi layak huni," ujarnya.

H. Surya berharap dengan adanya bantuan dana stimulasi dari pemerintah diharapkan masyarakat lainnya dapat berpartisipasi secara bersama-sama turut serta membantu memperbaiki rumah warga yang kurang mampu baik dalam bentuk material bangunan, dana, tenaga dan lain sebagainya dengan kata lain perumahan swadaya juga ikut membangun budaya gotong royong di masyarakat.

"Saya berharap masyarakat penerima bantuan dapat melaksanakan program ini dengan sebaik mungkin, karena keberhasilan program ini akan menjadi tolak ukur dalam memberikan bantuan ke desa-desa yang lain di Kabupaten Asahan di masa yang akan datang," tuturnya.

Sementara, Masyarakat penerima bantuan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan yang telah memberikan bantuan BSPS kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan tersebut.

Terakhir, pada kesempatan ini juga Plt. Bupati Asahan menyerahkan bantuan kepada masyarakat penerima BSPS secara simbolis dan meletakan batu pertama di rumah penerima bantuan BSPS.*
wwwwww