Home >  Berita >  Peristiwa

TebingTinggi Expo 2019, Strategi Handal Kembangkan UMKM

TebingTinggi Expo 2019,  Strategi Handal Kembangkan UMKM
Minggu, 04 Agustus 2019 15:35 WIB
Penulis: Rahmadsyah
TEBINGTINGGI-Grand Opening Tebingtinggi Expo 2019 Sabtu (3/8/2019) malam di kawasan Lapangan Merdeka Tebingtinggi diyakini menjadi startegi pengembangan kelompok UMKM di Sumatera Utara.

“Acara seperti ini bagus untuk mengembangkan UMKM yang ada di daerah daerah, untuk itu seharusnya setiap Kabupaten/kota harus punya acara seperti ini, ”ujar Wagubsu H Musa Rajekshah saat mewakili Gubernur Sumut usai membuka acara pameran sarana promosi produk UMKM itu.

Expo mampu menjadi staregi handal untuk memperkenalkan potensi daerah baik pariwisata dan budaya. Setiap Kabupten/Kota di Sumut, diminta Ijeck untuk memiliki kegiatan rutin yang harus digalakkan.

Tentunya, Expo akan menjadi daya tarik bagi generasi muda dalam berkreatif dan berkreasi. Kendati Sumut memiliki sarana promosi lewat Pekan Raya Sumatera Utara yang digelar setiap tahun, namun Ijeck menekankan, bahwa itu tidak cukup untuk melahirkan kreatifitas anak muda.
Ads

Pihaknya meyakini, Expo seperti itu diharapkan mampu menjadi daya tarik disektor wisata kuliner maupun budaya. “Tadi saya melihat banyak anak anak yang memiliki bakat begitu banyaknya,”aku Ijeck.

Sementara pelaksanaan Tebing Tinggi Expo 2019 merupakan rangkaian acara dalam memperingati hari jadi Kota Tebing Tinggi yang ke -102, sekaligus merayakan Hari Bhayangkara ke-73 dan Hari Bakti Adyaksa ke -59 dan pameran dalam memperingati Hari Ulang Tahun proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Diketahui, Tebingtinggi Expo 2019 diikuti 61 stand pameran dari berbagai daerah, diantaranya Kota Medan,Kabupaten Serdang Bedagai, Pemerintah Kabupaten Batubara, Pemerintah Kota Pekanbaru, hingga Kabupaten Pekalongan.

Pertunjukan Gondang Sambilan menjadi pembuka acara yang berhasil membuat kagum Wagubsu H Musa Rajeckshah bersama Wakil Ketua TP PKK Sri Mihari Ayu.

Kemeriahan semakin jelas terlihat usai pemukulan gong sebagai simbol telah dibukanya Tebing Tinggi Expo 2019. Pagelaran kesenian dari Kota Pekanbaru menjadi penutup sembari Wagub Sumut meninjau satu demi satu stand pameran.

Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM , mengatakan Tebing Tinggi memiliki visi misi menjadikan sebuah kota jasa. Kegiatan ini diharapkan akan menjadi daya tarik bagi investor dari luar.

Umar membeberkan beberapa prestasi lokal. Diantaranya racikan produk Teh Segar Sehat kreasi asli anak muda TebingTinggi Sumatera Utara.

Kemampuan meramu produk sendiri hingga penjualannya menjadi bukti bahwa Tebingtinggi memiliki enterpreneur muda lokal. “Tanggerang Selatan, Pekan Baru dan Lombok juga ikut pada Expo ini, di Sumatera Utara, ada Medan, Kab.Serdang Bedagai,Samosir,setiap malam selama 4 hari, kita akan menampilkan berbagai pagelaran bidaya yang ada di Indonesia,” ungkap Umar Zunaidi.

Umar menekankan, even Expo direncanakan menjadi agenda tahunan guna menambah semangat pelaku UMKM Tebingtinggi menjadi kota jasa dan perdagangan untuk mensejahterakan masyarakat.

Tebingtinggi Expo menurut Umar Zunaidi akan menjadi sarana gairah sektor jasa dan perdagangan,kualitas, produksi, promosi dan pemasaran.

Soal sirkulasi rupiah pada Expo 2018 silam yang tembus diangka 1 Milyar, Expo 2019 kali ini, Umar mengharapkan angka itu bergerak hingga mampu bertenger diangka 1,3 Milyar.

Sebelum dibuka pada pukul 20.00 WIB, 1.500 perserta pawai karnaval budaya asal Kota Pekanbaru, Kota Medan, Kab Simalungun, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Batubara dan ribuan pelajar lokal menjadi pertunjukan mengagumkan saat kreasi busaya itu melintas dan memadati sejumlah jalan protokol menuju Lapangan Merdeka.

Dilepas dari Halaman Kantor Koramil 13 Tebingtinggi dinkawasan Jl K.F Tendean, Kadispora Drs Jumpa Ukur Sembiring langsung melepas peserta budaya sore tersebut disambut meriah dipanggung kehormatan oleh Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan bersama tamu kehormatan diantaranya Wali Kota Pekan Firdaus dan Bupati Pekalongan H. Asip kholbihi dan Dir. Eksekutif APEKSI Sri Indah Wibi Nastiti besarta FKPD Kota Itu.

Wakil Walikota Tebing Tinggi Oki Doni, Ketua Korwil I APEKSi Firdaus yang juga menjabat sebagai Walikita Pekanbaru, Bupati Kabupaten Pekalongan Asip Kholbihi, Bupati Batubara Zahir dan wakil bupati Batu Bara, Forkopinda Kota tebing tinggi, Wakil Bupati Serdangbedagai Darma Wijaya, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dan General Manager PT Pelindo I Cabang Kuala Tanjung Richard Siahaan juga hadir malam itu.*
www www