MEDAN-Sebanyak 393 jemaah kelompok terbang (kloter) 16 asal Deli Serdang,Serdang Bedagai, Kota Medan dan Binjai menuju Mekkah Minggu (28/7). Dari kloter 16 ini seluruhnya jemaah berangkat.

Dalam pelepasan jemaah kloter 16 Embarkasi Medan dilepas oleh Asisten III Pemkab Deliserdang Jantralim Purba,Kankemenag Deliserdang Tolibun Pohan,Kasi Haji dan Umrah Ahmad Qosbi MM dan undangan lainnya.

Sekretaris P2IH Embarkasi Medan, Muslim mengatakan dalam kloter 16 ini semua jamaah berangkat. “Harapan kita akan kembali utuh saat jadwal pemulangan nanti,” katanya.

Mewakili Bupati Deli Serdang, Jentralim Purba menyampaikan maaf Bupati Deliserdang, Azhari Tambunan karena tidak bisa menghadiri acara pemberangkatan ini. Tetapi kata dia, seiring salam Bupati Deliserdang, untuk jamaah yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini semoga mampu menjalankan proses ibadah haji seluruhnya, sehingga kembali dengan haji yang mabrur.

“Setibanya di sana, kepada seluruh jamaah untuk saling menjaga silaturahmi dan saling berkoordinasi,” pungkasnya.

Hingga keberangkatan kelompok terbang (kloter)16, sebanyak tiga jemaah calon haji (calhaj) embarkasi asal Sumatera Utara (Sumut) meninggal di Tanah Suci.

Berdasarkan data yang diperoleh, terbaru jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 2 atas nama Jamaluddin Bandarik Abdullah Bandari (71) warga Dusun 1 Perdamaian, Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Wafat di Rumah Sakit An Noor di Mekkah sekira pukul 21.52 Waktu Arab Saudi, Jumat (26/7/2019).

“Keterangan yang kita peroleh sebab meninggalnya almarhum infectious and parasitic diseases,” kata Kasubbag Humas Kanwil Kemenag Sumut, Abdul Azim.*