PALAS-Satgas TMMD reguler 105 Kodim 0212/TS gandeng petugas Puskesmas Kecamatan Sosa, mengelar kegiatan sosial pengobatan gratis bagi warga Desa Hutaraja Lamo.

Kegiatan posyandu kesehatan lapangan itu bertujuan memberikan pelayanan kesehatan dengan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis sebagai bentuk Kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Tim Kesehatan Lapangan Satgas TMMD Kodim 0212/TS,Peltu Ali Syafran Nasution mengatakan, kesehatan bagi kehidupan sangatlah penting untuk terus dijaga sehingga warga yang berada di desa sasaran kegiatan program TMMD perlu mendapatkan pelayanan kesehatan secara baik.

"Pos kesehatan lapangan yang kita gelar mendapat sambutan positif dari warga desa setempat ,terbukti banyak warga membawa anaknya untuk pemeriksaan kesehatan ,"terang Syafran, Sabtu (28/7/2019).

Ditempat terpisah ,Kadis Kesehatan Kabupaten Padang Lawas (Palas) melalui Kepala Puskesmas Sosa ,dr.Faizah mengatakan, petugas puskesmas yang diterjunkan ke lapangan.Untuk membantu TNI dalam kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada pada warga khususnya balita yang ada di desa itu.

Menurut Faizah, kegiatan pengobatan gratis itu meliputi banyak hal, diantaranya melayani pemeriksaan ibu dan anak serta balita yang belum sempat di pemberian vaksin dan pengobatan kepada warga lanjut usia (Usila ) dan lainnya.

"Kami senang dan terbantu oleh kehadiran TNI dan petugas kesehatan dimana memberi pengobatan dan pelayanan kesehatan secara gratis di pos pelayanan kesehatan ," ujar Nurmala Hasibuan.

Sejumlah ibu-ibu rumah tangga di Desa Hutaraja Lamo yang diminta tanggapannya terhadap kegiatan pos pelayanan kesehatan yang dilaksanakan Satgas TMMD menyatakan sangat membantu warga.

"Menurut warga Desa Hutaraja Lamo, pos pelayanan kesehatan memberi manfaat positif untuk menjadikan masyarakat yang sehat dan peduli kesehatan," papar warga khususnya kalangan ibu -ibu rumah tangga didesa setempat.*