SIMALUNGUN-Ribka Mikayla(12) dan kedua adiknya Novita dan Johan Ganteng yang saat ini terdaftar sebagai siswa di Sekolah Dasar Negeri 0914444 Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan ternyata tidak mendapatkan bantuan pendidikan melalui program Pemerintah seperti Kartu Indonesia Pintar(KIP).

Informasi tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Sekolah SDN 091444 Tiga Dolok Resnawati Sidauruk saat diwawancarai gosumut dikantornya Senin (22/7/2019).

"Iya benar Ribka dan kedua adiknya Novita dan Johan sekolah disini. Sekarang Ribka duduk di kelas V bersama adiknya Novita sementara adiknya Johan duduk di kelas II. Terkait bantuan pendidikan melalui program Pemerintah seperti KIP mereka tidak mendapatkan. Karena dulu mereka pindahan kesini dan secara administrasi kependudukan orangtua Ribka dulu belum tercatat sebagai penduduk Kecamatan Dolok Panribuan.

Setelah Bupati Simalungun JR.Saragih mengunjungi keluarga Ribka pada tahun 2018 lalu barulah administrasi kependudukan orangtua Ribka diurus jelas Kepsek.

Setelah adiministrasi kependudkan orangtua Ribka diurus dari pihak sekolah kita langsung berusaha mendaftarkan Ribka dan adiknya melalui namun hingga saat ini Ribka dan adiknya belum juga terdaftar sebagai siswa penerima KIP.

"Pihak sekolah sudah mengupayakan agar Ribka dan adiknya terdaftar penerima KIP, dan Ribka dan adiknya memang sangat layak terdaftar sebagai siswa penerima KIP," ujar Kepsek menambahkan.

Sementara itu Koordinator Wilayah(Korwil) Pendidikan Kecamatan Dolok Panribuan M.Panjaitan ketika dikonfirmasi via selulernya terkait Ribka dan adiknya yang tidak terdaftar sebagai siswa penerima bantuan KIP. "Kita harapkan kedepan hal seperti ini tidak boleh terjadi lagi. Kita meminta kepada para Kepala Sekolah agar memberikan perhatian khusu/prioritas untuk anak didik yang kurang mampu disekolah masing-masing. Kita sudah memberikan teguran kepada Kepsek tersebut,"katanya.

"Sekedar informasi Ribka Mikayla dan ketiga adiknya selama ini tinggal bersama ayahnya Sunaryo(54) dirumah mereka di Nagori Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan. Namun Ibunya tidak diketahui dimana keberadaannya, tapi informasi dari Pandapotan Lubis, Ibunya Ribka saat ini berada di Lubuk Pakam dalam keadaan sakit.

Keluarga Sunaryo sempat viral dimedia sosial facebook tahun lalu dan mendapat perhatian hingga dikunjungi Bupati Simalungun JR.Saragih seraya memberikan bantuan sosial. Dan baru-baru ini Keluarga Sunaryo juga viral di media sosial facebook setalah Ribka diketahui sendirian menjaga ayahnya yang sedang sakit di Rumah Sakit Rondahaim Raya Simalungun. Namun kondisi ayahnya tidak tertolong dari penyakitnya hingga akhirnya meninggal".*