PALAS-Memasuki dua pekan pelaksanaan kegiatan Program TMMD Ke-105 Kodim 0212/Tapanuli Selatan, anggota Satgas bersama masyarakat terus menyelesaikan sasaran fisik yang ada di desa Mondang dan desa Hutarajo Lamo kecamatan Sosa kabupaten Padang Lawas.

Salah satunya pembangunan jalan rabat beton dan pembangunan gorong - gorong saluran air juga hampir rampung.

Muslim Bukhori ,warga Sosa ditemui wartawan, Senin (22/7/2019) mengatakan, manfaat pembangunan yang dilaksanakan TMMD memberikan  dampak positif dan manfaat  bagi warga desa.

Menurut Muslim, karena sebelum adanya program TMMD, warga  harus melewati jalan tanah yang berlubang dan berlumpur ketika hujan dan menanjak. Adanya pembangunan program TMMD Kodim 0212/TS ,kini warga  dapat merasakan manfaat program TMMD ,karena jalan desa telah layak dilalui tanpa harus bergelumang lumpur.

Muslim mengakui tidak hanya sekedar melaksanakan pembangunan fisik semata ,tetapi prajurit dari Kodim 0212/TS ini juga memberikan pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat maupun pelajar disana, seperti latihan baris berbaris kepada sejumlah pelajar, kemudian pembinaan tentang kebangsaan dan sosialisasi tentang pertanian dan perikanan kepada warga desa.

  "Kami  masyarakat Desa  Mondang dan Hutaraja Lamo terpanggil secara sukarela untuk ikut membantu, prajurit Kodim 0212/TS,dalam melaksanakan   pembangunan jalan desa dan lainnya ," beber Muslim yang ikut serta dilapangan dengan Satgas TMMD.

Muslim Bukhori mengungkapkan, program TMMD ini sangat bermanfaat dan mendatangkan berkah bagi warga, khususnya warga kecamatan Sosa, yang dimana Kecamatan Sosa salah satu lokasi dilaksananakannya program pembangunan TMMD ke 105 Kodim 0212/TS tahun 2019.

"Kehadiran TMMD ini memberi manfaat yang bwsar  bagi warga, karena program TMMD ini sangatlah menguntungkan warga, dimana pembangunan jalan sudah bisa dirasakan warga.Tdak itu saja dampak.positif juga meningkatnya  hasil produksi petani sawit di desa, setelah adanya program TMMD Kodim 0212/TS ini,"ucapnya bangga dengan TNI.

Ditambah Muslim, kegiatan  membangun  program TMMD ini juga memberikan akses yang cukup positif , dimana selama ini belum pernah tersentuh pembangunan, kini sudah berubah dratis.

"Sekarang ini tidak ada lubang dan lumpur yang harus dilewati untuk sampai ke jalan besar. Kondisinya lebih baik setelah hadirnya program TMMD ,"ujar warga Sosa ini.

“Kita sangat berterimakasih atas kemanunggalan TNI dengan masyarakat yang saling bahu membahu membangun infrastruktur, kini akses jalan lebih terbuka dan mudah-mudahan geliat ekonomi juga akan timbul,” tambah Muslim.

Sebelumnya Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, melalui Komandan SSK Lettu Inf Edi Sahputra Ritonga, sangat mengapresiasi peran serta warga ikut dalam TMMD ini.

Ia mengatakan,  peran serta masyarakat yang membantu Satgas TMMD menunjukkan kemanunggalan TNI-rakyat tetap terpelihara dengan baik.

“Kita berharap berbaurnya prajurit membangun desa ini bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tidak hanya itu rakyat dan TNI bisa bersatu sehingga terjalin keakraban dan kebersamaan yang menjadi modal mensukseskan pembangunan di desa," pungkasnya.*