Home >  Berita >  Peristiwa

Dukungan DPD IPK se-Tabagsel Terkait Wacana Pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara, Ketua DPD IPK Sampaikan Sikap

Dukungan DPD IPK se-Tabagsel Terkait Wacana Pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara, Ketua DPD IPK Sampaikan Sikap
Ketua DPD IKP se Tabagsel bersama Korda IPK Tabagsel saat pertemuan membahas wacana pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara di Paluta, Kamis (18/7/2019) kemarin.
Jum'at, 19 Juli 2019 15:43 WIB
Penulis: Roni Maas Siregar
PADANGSIDIMPUAN-Lima pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya ( IPK) se Tabagsel (Tapanuli Bagian Selatan) yakni daerah, Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dan Kabupaten Padang Lawas (Palas), Kamis (18/7/2019) nyatakan dukungan mereka terkait gagasan wacana pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara (Sumteng) yang saat ini kembali hangat diperbincangkan.

Pernyataan tersebut telah mereka sampaikan bersama-sama dalam pertemuan internal DPD IPK se Tabagsel, yang digelar di salah satu kolam pemancingan, di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), dan dihadiri langsung oleh Koordinator Daerah (Korda) IPK Tabagsel Darwin Lubis, ketua DPD IPK Kota Padangsidimpuan Arif Lubis, ketua DPD IPK Tapsel Zainal, ketua DPD IPK Madina Samsuddin Lubis, ketua DPD IPK Paluta Erando Mustuapari Harahap dan ketua DPD IPK Palas Syafran Oloan Nasution.

Diketahui, wacana pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara yang pernah tersiar dan dalam beberapa tahun belakangan ini sempat tak terdengar. Kemudian, dalam beberapa bulan terakhir wacana ini kembali muncul dan menjadi pembicaraan hangat masyarakat, khususnya di wilayah Tabagsel.

Menyikapi hal tersebut, Ketua DPD IPK Kota Padangsidimpuan, Arif Lubis, menyampaikan, wacana pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara ini bukan hal baru. Pada tahun 2011 sampai dengan 2013 dengan dukungan para kepala daerah di Tabagsel dan para anggota legislatif serta para tokoh-tokoh Tabagsel, hal tersebut sudah pernah diusulkan dan dibahas pemerintah pusat. Namun, dikarenakan sesuatu hal wacana tersebut sempat terhenti.
Ads

"Saat ini kita tinggal meneruskan apa yang sudah dimulai para pimpinan kita di Tabagsel terkait wacana pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara ini. Dengan terwujudnya Provinsi Sumatera Tenggara ini nantinya, sangat berpengaruh terhadap perkembangan daerah di Tabagsel kearah yang lebih maju dan bermartabat. Untuk itu, atas kesepakatan bersama kami dari barisan DPD IPK se wilayah Tabagsel, sekali lagi nyatakan mendukung sepenuhnya wacana pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara ini,"ucap Arif menegaskan, saat dihubungi gosumut.com, Jumat (19/7/2019) siang melalui WhatsAppnya.

Lebih lanjut Arif mengatakan, apabila wacana ini secepatnya terwujud, kedepannya akan membawa perubahan yang signifikan bagi masyarakat Tabagsel. Perkembangan dan pertumbuhan di segala bidang khususnya bidang perekonomian diharapkan maju semakin pesat sehingga kesejahteraan warga semakin terjamin, sebab pengelolaan sumber daya alam maupun mineral ditangani dan dikelola oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Tenggara nantinya.

"Jika sumber daya alam dan mineral yang ada di Tabagsel nanti dikelola oleh pemerintah dengan terwujudnya pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara. Kelak akan berdampak signifikan terhadap perkembangan perekonomian di daerah Tabagsel, tentu hal tersebut berdampak terhadap kesejahteraan warganya,"tutur Arif mengakhiri.

Demikian juga apa yang di sampaikan oleh Korda IPK Tabagsel Darwin Lubis, kesepakatan bersama 5 pengurus DPD IPK se Tabagsel ini berdasarkan keputusan digelarnya pertemuan kemarin siang (Rabu, 18/7/2019) di Paluta.

"Penyampain pernyataan dukungan terkait wacana pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara ini, atas keputusan bersama yang disepakati pada pertemuan kemarin,"tegas Darwin menimpali.*
www www