TOBASA-Hari pertama masuk sekolah, Kepala sekolah SMP Negeri 4 Laguboti Parlindungan Hutapea Senin, (15/7/2019) tampak menyambut siswa/i nya di depan gerbang sekolah. Saat upacara ia menyebut harapannya agar anak didik menjadi siswa yang arif dan bijaksana.

Semua siswa dan siswinya di sambut dengan menyalami mereka satu persatu yang hadir. Dengan santun para siswa/i menyalami kepala sekolah sambil mencium tangan kepala sekolah.

"Untuk melakukan kegiatan ini, setiap hari saya harus lebih dahulu tiba disekolah. Setiba disekolah saya harus berdiri di gerbang untuk menyambut anak anak murid saya dengan menyalami mereka satu persatu," jelas Kasek saat disambangi Gosumut di depan sekolah.

"Dengan cara seperti ini, kita memberikan awal pembelajaran kepada mereka akan sikap taat dan Patuh dan hal ini sebagai cerminan kepedulian dan kasih sayang kita kepada mereka sesuai dengan prinsip sekolah dengan, sekolah ramah anak," terangnya.

Ditambahkannya, dengan menyalami mereka setiap harinya digerbang masuk sekolah di saat siswa/i memasuki kawasan lingkungan sekolah sebelum mereka memasuki ruangannya, secara langsung telah  melakukan pemeriksaan satu persatu kepada masing masing siswa/i.

"Disaat saya menyalami mereka satu persatu secara langsung saya memperhatikan kerapian dan kelengkapan diri mereka mulai dari kerapihan berpakaian, kelengkapan atribut sekolah, kaos kakinya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sekolah baik warna dan ketinggiannya,topi dan dasinya termasuk sepatunya serta kehadiran mereka.Jadi dengan cara tersebut para siswa/i dituntut dalam hal kesadaran diri sendiri sesuai dengan tuntutan "Janji Siswa",tegas Kasek.

Awal perdana masuk sekolah Senin, (15/7/219) semua siswa dan siswi baru (Kelas VII) didampingi oleh para orang tua/wali. "Ini sebagai tahapan awal pengenalan sekolah dan penyampaian siswa/i kepada guru di sekolah untuk didik sesuai dengan UU Sisdiknas dan Program Pendidikan Nasional RI,"imbuhnya.

Dihari pertama masuk sekolah, seluruh orang tua siswa/i baru bersama dengan guru guru sekolah SMP N.4 Laguboti dan kepala sekolah melaksankan upacara penaikan Bendera bersama sama dengan seluruh anak didik baru.

Usai pelaksanaan Upacara Ketua Panitia Penerimaan Siswa/i Baru (PPSB) SMP N.4 Laguboti menyampaikan, awal penerimaan siswa/siswi dimulai sejak tangga 1 juni sampai 6 juli 2019, pengumuman yang diterima 11 juni 2019, daftar ulang 12 - 13 juli 2019 dengan jumlah peserta didik baru yang diterima 196 orang (117 orang Perempuan dan 79 orang Laki Laki).

Usai upacara dilanjutkan dengan penyerahan siswa/i kepada kepala sekolah untuk di didik dan mengikuti pendidikan awal sekolah yaitu Masa Orientasi Siswa/i (MOS) di tahun pendidikan 2019/2020 oleh salah seorang pereakilan orang tua siswa/i.

Amanat dan sambutan Kepala Sekolah Parlindungan Hutapea menyampaikan, hendaknya para anak didik yang baru masuk beserta seluruh siswa/i SMP N.4 Lagubogi datang kesekolah untuk menimba ilmu dan menjadi seorang murid yang memiliki ilmu yang arif dan bijaksana demi mengejar cita cita dan masa depan yang lebih baik di hari yang akan datang.

Disekolah ini telah disediakan berbagai kegiatan Ekstrakurikuler seperti kegiatan Marcing Band, Les Privat yang dananya di plot dari anggaran dana BOS, Kegiatan Pramuka, Buku pelajaran sesuai bidang studi lengkap dengan 1 buku untuk 1 orang siswa/i sesuai bidang studi pelajaran sekolah, Kebaktian siswa/i setiap Minggu yang bekerja sama dengan beberapa pengurus Gereja di Kab.Tobasa khususnya di Kec.Laguboti bagi umat Nasrani dan bagi umat Muslim sesuai dengan jadwal Ibdahnya di tempat ibadah mereka harus dijalankan.

"Untuk meraih ini siswa/i harus memiliki disiplin karena disiplin adalah kunci keberhasilan harus patuh dan taat akan segala peraturan dan aturan sekolah serta harus menepati dan melaksanakan Janji Siswa. Dengan itu, mulai hari ini disampaikan kepada semua peserta didik SMP N.4 Laguboti khususnya para siswa/i yang baru masuk (kelas VII) awali dan mulailah dirimu untuk menuju dan menjadi seorang yang hebat," tegasnya.*