PALAS–Satu unit rumah milik Ali Wardan Hasibuan (40), warga Desa Batang Bulu Baru Kecamatan Barumun Selatan, Kabupaten Padang Lawas (Palas) hangus terbakar sekitar pukul 16.30 WIB,Minggu  (14/7/2019).

Akibat kejadian itu, semua isi rumah  hangus dimangsa api. termasuk dua unit sepeda motor RX King dan Astrea Grand dan uang Rp 13 Juta serta surat -surat berharga lainnya juga ikut terbakar. Sumber api diduga berasal dari arah kamar.

Musibah yang menimpa korban Ali Wardan menyebabkan kerugian yang lumayan besar mencapai ratusan juta rupiah,dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

Informasi dihimpun dari warga dilokasi kejadian, api diduga bersumber dari arah kamar  itu awalnya diketahui oleh tetangga korban.

  Sementara korban Ali Wardan, saat kejadian  sedang berada di sungai bandar Gondang untuk rencana mandi.

Sejumlah tetangga korban Asmar Siregar dan Tulan serta Parmongan Harahap serta Asmui mengatakan, ,pada saat melihat api  langsung berhamburan dan  berusaha memadamkan api yang menjalar cepat ke ruangan depan.

Warga juga langsung menelepon pihak Damkar Kabupaten Palas yang langsung direspon dengan cepat untuk  pengiriman 2 armada pemadam kebakaran kelokasi desa Batang Bulu Baru.

Kepala Desa Batang Bulu Lama Ali Amsa Hasibuan mengatakan, kobaran api dilihat warga berasal dari salah satu kamar. langsung rnenjalar keruang tengah rumah sehingga seluruh isi rumah anggur terbakar.

  "Api telah dapat dijinak atas partispasi. Warga serta bantuan Damkar Pemkab Palas yang terus sigap memadamkan kobaran api agar tidak menjalar kerumah warga lainnya,"terang Amsa.

  Pantuan dilokasi kebakaran, kesigapan petugas Damkar  mampu menjinakkan  kecepatan api agar  tidak  menjalar ke seluruh rumah warga ayang ada disekitarnya .Selain petugas Damkar juga terlihat dilokasi kebakaran petugas dari Pihak Kepolisian Sektor Barumun.*