MEDAN-Rombongan kloter 01 jemaah calon haji (calhaj) asal Medan dilepas langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Ramayadi, dan langsung berangkat ke Kualanamu International AirPort untuk terbang langsung ke Tanah Suci.

Dalam sambutannya, Edy meminta agar para jemaah mendoakan  Sumatera Utara di tanah suci.

"Mohon doakan. Aamiin. Doakan kami, doakan dirumah Allah, didepan Ka'bah. InsyaAllah dikabulkan semua doa - doakan bapak disini ibu sekalian. Selamat jalan, sekali lagi saya sampaikan selamat jalan, semoga menjadi haji hajjah mabbrur," ujar Edy.

Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara, Iwan Zulhami menuturkan  bahwa tahun ini 2019, total jamaah haji yang berangkat berjumlah 8531 calon jamaah haji melalui Embarkasi Medan.

“Jamaah tertua di kloter 01 berusia 97 tahun atas nama ibu doriah dan Raha Habib Suwanda menjadi jamaah termuda dengan usia 20 tahun,” tuturnya.

Ia juga berharap semoga para calon jamaah haji kloter 01 yang akan berangkat ke tanah suci hari ini, selalu diberikan kesehatan dan kelancaran selama menjalankan ibadah, dan sepulangnya dari sana, menjadi Haji yang mabrur.

"Dimana pada kloter pertama berasal dari kota Medan sebanyak 388 jamaah calhaj bersama lima orang petugas. Pada kloter pertama ini sebab 28,87% memiliki resiko tinggi (risti) atau sebanyak 102 calhaj dimana diantaranya 63 orang perempuan," pungkasnya.*