MEDAN-PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) menjadi pelopor keselamatan berkendara (Safety riding) sebagai perusahaan transportasi berbasis online. Ada program safety riding bekerjasama dengan Rifat Drive Labs dan fitur emergency yang mereka fokuskan untuk memberi rasa aman.

Rasa aman diberikan mulai dari sebelum melakukan perjalanan seperti pengecekan kelayakan kendaraan oleh mitra yang dilatih oleh Rifat Drive Labs, dan selama perjalanan penggguna juga akan merasa nyaman dengan adanya fitur membagikan perjalanan, tombol darurat, dan call center yang siap sedia selama 24 jam 7 Hari.

Hal ini diakui oleh mitranya, Muhammad Rahman. Menurutnya, Gojek mengedepankan keamanan, kenyamanan dan ketertiban dalam berkendara. Hal ini tidak hanya menguntungkan kepada pelayanan customer. Tetapi juga menjaga mitra driver.

"Gojek lebih terdepan dalam keamanan dan kenyamanan berkendara. Ini tentunya memberikan keuntungan bagi kita mitra, selain kesejahteraan pendapatan," katanya, kepada wartawan, Selasa (9/7/2019).

Dia mengatakan, Gojek juga memberikan pelatihan keamanan berkendara. Pelatihan tersebut rutin diadakan. Ini tentunya dimanfaatkan oleh para mitra driver.

"Tidak ada yang malas mengikuti pelatihan. Malah, kami-kami ini (mitra driver), justru semangat. Ini demi kita-kita juga," sambungnya.

  Pelatihan keamanan dan keselamatan dalam berkendara juga memberikan dampak positif kepada driver. Selain menambah wawasan mereka dan rasa sadar dalam berkendara, hal ini juga menambah keakraban dengan driver lain dan juga aplikator.*