TOBASA-Gempa tektonik berkekuatan 3,3 Kamis, (27/6/2019) sekitar pukul 13:37:39 WIB, guncang wilayah Kabupaten Toba Samosir.

Informasi ini berdasarkan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi yang menguncang Toba Samosir ini berkekuatan M=3,3 . Episenter.

Gempa bumi terletak pada koordinat 2,41 LU dan 98,82 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 km arah Barat Laut Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara pada kedalaman 142 km.

Berdasarkan informasi dari BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi menengah akibat dari aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Diketahui, guncangan gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat di daerah Balige dengan kekuatan II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Dengan melalui hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 14:30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (Aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya.

Dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengetahui segala informasi mengenai Gempa Bumi di Toba Samosir pastikan informasi resminya hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg)bmkg.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Toba Samosir Herbert SP. Pasaribu kepada Gosumut via selulernya Kamis sore (27/6/2019) saat di konfirmasi via selulernya menjelaskan, membenarkan bahwa Gempa Bumi yang berkekuatan 3,3 SR memang benar terjadi menguncang Balige Tobasa.

Dijelaskannya, Gempa ini diketahuinya berdasarkan informasi pemberitahuan dari BMKG bahwa Gempa telah terjadi di Kab.Tobasa Kamis, (27/06/2019) tepat pukul 13 : 37 : 39 WIB.

"kejadian ini saya ketahui pas saat mengikuti acara perayaan Hari Keluarga Nasional Ke - XXVI di Sunchet Beach Desa Lumbangaol Tambunan Kec.Balige dan waktu itupun saya tidak ada merasakan hal tersebut," jelasnya.

"Begitu mengetahui dan mendapatkan informasi tersebut, saya langsung berkoordinasi dengan pihak Basarnas Danau Toba. Pihak Basarnas memberikan informasi kepada kita BPBD bahwa kejadian tersebut tidak begitu meresahkan warga namun tetap harus kita waspadai dan akan tetap kita pantau.demikian himbauan Basarnas kpeada kita," jelas Herbert.

Lanjut Herbert, Kejadian Gempa tersebut hingga saat ini pukul 18.30 WIB tidak ada kita ketahui menimbulkan kerusakan dan tidak ada warga yang yang mengeluh dan khawatir walaupun sedikit warga yang merasakan kehadiran guncangan gempa tadi siang dan merasa agak was was. Warga yang merasakan kekuatan guncangan gempa tersebut di Balige tidak berapa banyak yang merasakan dan mengetahuinya saat goncangan gempa dan hingga saat ini Gempa tersebut tidak ada mengakibatkan kerusakan dan di pastikan oleh BMKG tidak ada menimbulkan tsunami.

Ditambahkannya, dengan informasi yang sampai kepada BPBD Tobasa dari BMKG diketahui bahwa belum menunjukkan adanya aktifitas Gempa Bumi susulan (Aftershock). "jadi kami himbau kepada masyarakat jangan resah dan tetap cari informasi yang benar. Informasi yang bisa dipercaya hanya dari BMKG jangan asal menerima dan menyebarkan informasi yang belum diketahui kebenarannya, karena itu akan menimbulkan keributan dan keresahan di masyarakat," tegas Herbert SP Pasaribu.*